Omicron Terus Melonjak, Pemerintah Siapkan Ruang Isolasi

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pemerintah mempersiapkan tempat isolasi untuk masyarakat yang terpapar varian Omicron. Jumlah tempat tidur untuk kapasitas nasional sebagai isolasi sebanyak 120 ribu sampai 130 ribu.


Ilustrasi

Berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), total pasien yang terkena Omicron ada 1.988, sebanyak 765 di antaranya sudah sembuh. Total pasien Omicron yang dirawat di RS ada 854 orang


Dari 854 pasien yang dirawat, sebanyak 461 asimtomatik, bergejala ringan 334, bergejala sedang 54 orang dan hanya 5 orang bergejala berat.


Terapi oksigen yang diberikan terhadap pasien yang dirawat yakni sebanyak 54 pasien mendapatkan nasal kanul, 1 simple mask, HFNC 1, ventilator 3, dan selebihnya tanpa terapi oksigen sebanyak 795.


Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat bahwa transmisi lokal Omicron pasti terjadi.


''Belum bisa diprediksi puncak kasus gelombang ketiga di Indonesia hingga berapa kasus per hari. Berdasarkan data dari negara lain, puncak kasus antara 1x hingga 5x dibandingkan varian Delta,'' tambah Menkes.


Menkes mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati. Yang paling penting selalu pakai masker, hindari kerumunan karena penularan akan semakin tinggi. 


Namun jika tertular tidak usah panik yang penting disiplin isolasi mandiri dan minum vitamin, jika ada gejala ringan minum obat. Kasus Omicron yang perlu ke rumah sakit adalah Lansia atau yang memiliki komorbid.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama