Bobby Nasution Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Digitalisasi

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution mendorong UMKM kuliner untuk  memanfaatkan digitaliasi sehingga bisa masuk dalam e-katalog Pemkot Medan. 


Ist

Keinginan ini seiring pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, sehingga sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat, terutama pelaku UMKM lokal kuliner makanan dan minuman.


Kebijakan ini diharapkan dapat membantu perekonomian UMKM lokal. Ke depan, Pemkot Medan menjadi marketnya pelaku UMKM yang terdampak COVID-19.


"Pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dengan memanfaatkan digitalisasi, Anggaran Pemko Medan harus dimanfaatkan untuk membantu UMKM dengan cara menggunakan produk UMKM makan dan minum di lingkungan Pemko Medan," kata Bobby Nasution pada saat acara penandatanganan kerjasama dengan pelaku UMKM dalam pengadaan makan dan minum Pemko Medan beberapa waktu yang lalu.


Sejalan dengan kebijakan Wali Kota, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Medan berupaya agar UMKM kota Medan dapat go-digital sehingga semakin dapat berkembang dan produknya dikenal masyarakat.


Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Medan, Benny Iskandar Nasution diwakili Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil, Anwar Syarif menjelaskan jika pihaknya sudah melakukan berbagai pembinaan terhadap pelaku UMKM di Kota Medan diantaranya yakni melakukan digitalisasi pendataan UMKM Kota Medan dengan membangun Aplikasi Sistim Manajemen Koperasi dan UMKM berbasis WEB. 


Selanjutnya yaitu dengan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas bagi pelaku UMKM yang materi pelatihannya mencakup manajemen usaha, keuangan usaha dan strategi inovasi melalui metode marketing mix dan business model.


Setelah itu ada lagi sosialisasi dan fasilitasi agar pelaku UMKM dapat mengakses pembiayaan melalui KUR dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), 


"Kami juga mendorong agar pelaku UMKM dapat terlibat kedalam program The Kitchen Of Asia, program SAKASANWIRA (satu kelurahan satu sentra kewirausahaan) dan pengadaan makan dan minum di lingkungan Pemko Medan dengan menggunakan e-katalog lokal Pemko Medan yang digagas Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution." Kata Anwar Syarif.


Sementara itu lanjut Anwar Syarif lagi, untuk mendorong pelaku UMKM agar go-digital, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Medan juga melakukan sosialisasi, pelatihan dan edukuasi bagi pelaku UMKM terkait ekonomi digital, melakukan kerjasama MOU dengan stakeholder seperti PT. Telkom, Gojek, Tokopedia, Shoope dan lainya. 


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama