BPODT Gandeng HKBP Majukan Pariwisata Super Prioritas Danau Toba

PARAPAT, suarapembaharuan.com -  Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bonardo Panjaitan bersama tim melakukan pertemuan bersama Ephorus HKBP beserta seluruh Praeses HKBP yang ada di sekawasan Danau Toba, kunjungan ini berlangsung di Wisma Tabor Parapat. Senin (21/02/2022).


Ist

Pertemuan penting ini membahas rencana kolaboraksi pembangunan pariwisata Danau Toba antara BPODT dan lembaga gereja HKBP yang ada di Kawasan Danau Toba. Ini merupakan tindak lanjut kerjasama yang sudah dilaksanakan pada tahun 2021.


Jimmy Panjaitan menjelaskan bahwa masih banyak objek wisata rohani yang potensial dalam  mendukung dunia pariwisata di Kawasan Danau Toba.


“Ada banyak objek wisata rohani di Kawasan Danau Toba, dan masyarakat di sekitar Kawasan Danau Toba punya peran lebih agar bisa menarik wisatawan dan mempromosikan pariwisatanya ke seluruh dunia. Namun demikian, masih banyak tempat wisata ini yang kumuh dan dirusak warga, ini juga perlu  menjadi perhatian bersama”, ujar Jimmy.


Pendeta Robinson Butar Butar selaku Ephorus HKBP dalam kesempatan ini menyambut baik kerja sama BPODT dengan HKBP dalam mewujudkan pariwisata yang maju dan berkelanjutan.


“Pada dasarnya HKBP sangat mendukung pariwisata yang dapat mensejahterakan masyarakat terkhususnya bagi jemaatnya, apalagi ini Tahun Kesehatian HKBP. Kami berkomitmen untuk memandirikan warga gereja dalam ekonomi. Banyak hal yang bisa kita sinergikan, salah satunya dengan memberdayakan pemuda pemudi , dan bahkan juga melakukan event-event rutin. Saat ini HKBP punya Jetun Silangit Centre yang dapat menjadi tempat berkolaborasi dengan BPODT dalam hal menggalakkan pelatihan  pariwisata dan ekonomi kreatif” ujar Ephorus.


HKBP juga berkomitmen untuk fokus membantu pemerintah memajukan pariwisata dengan membentuk bidang wisata di dalam struktur kepengurusannya.


Pendeta Same Siahaan, Praeses Toba, serta Kepala Sekola Diakones, Eleven Sihotang, turut menyampaikan siap menyambut kerja sama HKBP dan BPODT. “Kami juga akan himbau semua distrik dan resort di Kawasan  Danau Toba untuk mengajak masyarakat menjadi pelopor pembangunan pariwisata. Kami siap berkontribusi dalam pengembangan SDM HKBP untuk melayani dalam sektor pariwisata”.


Jimmy juga menyampaikan pentingnya membudayakan untuk sadar wisata serta melestarikan objek-objek wisata. Program yang sudah digaungkan Kementerian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif harus mendapat dukungan semua pihak.


“Kami bekerja untuk menciptakan peluang usaha dan memajukan ekonomi masyarakat Toba. Program ini mengarah kepada kenyamanan proses konsumen saat berwisata, mulai dari kebersihan, event yang rutin serta pelatihan UMKM yang berdampak. Contohnya RTP Pantai Bebas Parapat yang sangat potensial, kita butuh dukungan anak anak muda HKBP setempat dan masyarakat juga untuk menjaga objek wisata yang dibangun oleh pemerintah. Kedepan, harapannya kerja sama ini mampu menjadi solusi bagi kemajuan pariwisata,” tutup Jimmy.


Kegiatan ini sejalan dengan arahan Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno untuk #gercep, #geber, dan #gaspol.


Didalam pertemuan ini turut hadir pula Direktur Keuangan Bambang Cahyo Murdoko, Direktur Destinasi Fritz Nababan, Direktur Investasi dan Kelembagaan Pariwisata Raja Ukur Malem Tarigan beserta Kadiv dan staf. Dan HKBP hadir dengan lengkap seluruh Phrases yang ada sekawasan Danau Toba.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama