Resmikan Gedung Dekranasda, Sri Ayu Mihari: Keberadaan UMKM Menunjang Keberhasilan Sektor Pariwisata

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Sri Ayu Mihari berharap hadirnya Gedung Dekranasda Sumut menjadi wadah promosi dan pusat pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumut. Sehingga para pelaku UMKM semakin mudah mempromosikan dan menjual produk hasil kerajinannya.


Ist

"Wadah ini telah hadir, gunakan wadah ini sebaik-baiknya untuk mempromosikan hasil-hasil UMKM di kabupaten/kota di Sumut," ujar Sri Ayu Mihari saat meresmikan Gedung Dekranasda Sumut di Jalan Iskandar Muda Nomor 272 Medan, Selasa (22/2/2022). Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng.

 

Hadir di antaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Arif Sudarto Trinugroho, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Aspan Sofian, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sumut Suherman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Hendra Dermawan Siregar.

 

Menurut Ayu, galeri ini selain akan membantu dan mengatasi permasalahan UMKM, juga akan menunjang keberhasilan sektor pariwisata, khususnya dalam menyediakan suvenir bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumut.

 

Dekranasda sebagai mitra pemerintah akan terus mengembangkan keterampilan kepada pelaku UMKM melalui berbagai program pelatihan, sehingga nantinya memberikan masukan terkait program pembinaan UMKM di Sumut. Apalagi menurutnya banyak potensi yang dapat dihasilkan dari Sumut.

 

Dekranasda Sumut tahun 2021 telah mengikuti Pameran Online Rumah Kriya Asri (RKA) pada tahun 2021 meraih peringkat paling atas baik penjualan produk maupun nilai penjualannya. Menurut Ayu, hal ini tidak terlepas dari peran UMKM sebagai penyedia produk dengan mutu dan desain yang baik, serta harga yang terjangkau dan dicari oleh para konsumen.

 

Untuk itu, ia meminta para perajin terus melakukan inovasi, cermat memilih desain, karena menurutnya desain dan mutu dari produk harus diprioritaskan untuk meningkatkan pangsa pasar.

 

Kepada Gubernur Sumut selaku Dewan Pembina Dekranasda Sumut, Ayu juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan pembangunan gedung tersebut, sehingga tampil lebih menarik dan menjadi perhatian masyarakat.

 

Usai memberikan sambutan, Ayu dan rombongan juga melakukan peninjauan ke dalam Gedung Dekranasda Provinsi Sumut yang berlantai dua tersebut, untuk melihat pameran produk hasil UMKM di antaranya kopi, kain tenun, sepatu, songket, ulos, topi dan makanan.

 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Arif Sudarto Trinugroho mewakili Gubernur Sumut mengatakan, Gedung Dekranasda tersebut diharapkan bukan hanya sebagai kantor secretariat, tetapi juga menjadi showroom atau ruang pamer berbagai hasil kerajinan pelaku UMKM di Sumut. “Harapannya, hadirnya gedung ini menambah semangat bagi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi,” ujarnya.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Aspan Sofian dalam laporannya mengatakan, selain sebagai Sekretariat Dekranasda Sumut, gedung tersebut juga menjadi wadah untuk ajang promosi berbagai macam produk kerajinan para pelaku UMKM Kabupaten/Kota dan sebagai destinasi oleh-oleh khas Sumut.

 

Aspan berharap hadirnya gedung Dekranada ini memberi dampak positif bagi pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan gairah dan semangat bagi pelaku UMKM untuk terus berinovasi menghasilkan produk-produk berkualitas dan berdaya saing.

 

Perancang busana Kota Medan Zul Said yang juga Pemilik Hanger Boutique ini berharap dengan adanya gedung Dekranasda Sumut ini semakin memberi wadah bagi para pengrajin UMKM dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumut, serta para desainer untuk mempermudah menjajakan hasil produknya. " Penataan produk (display) di sini lebih profesional dan tertata, jadi lebih menarik minat konsumen" katanya.

 

Zul Said mengatakan pada peresmian gedung ini dipamerkan hasil karya khususnya busana dari ulos Toba dan batik khas Toba. "Hari ini saya memajang khusus ulos Toba dan batik Toba dengan menggunakan maneken (boneka etalase) biar terlihat lebih detail," jelasnya.

 

Pada peresmian gedung tersebut juga diberikan tali asih dan cendera mata kepada anak -anak panti asuhan Darul Aitam Medan, Jalan Medan Area Selatan, Medan. Turut hadir Ketua Dekranasda kabupaten/kota se-Sumut secara daring, Ketua Bhayangkari Sumut Rita Panca Putra Simanjuntak dan Mita Dekranasda Sumut.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama