SMSI Kabupaten Dairi Resmi Dilantik

DAIRI,suarapembaharuan.com- Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Dari, periode 2022-2027 dikukuhkan, di aula Hotel Mutiara Dairi Jalan Parluasan, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi Sumatera Utara, prosesi di gelar sederhana, Sabtu (26/2/2022). 



Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu menyambut baik SMSI dan Kedepan di harap bisa menjadi motor industri Pers di Kabupaten Dairi. Eddy juga berharap SMSI bisa menjadi wadah pemilik media dan wartawan yang profesional di bidangnya.



"Saya berharap kedepan SMSI bisa merangkul media lainya," ucap Eddy Berutu.


Sebagai orang yang pernah bekerja di profesi  wartawan, Eddy Sangat mendukung profesionalisme, karenanya melalui anggaran Pemerintah Dairi dikatakannya pernah menganggarkan Uji Kopetensi Wartawan (UKW) di tahun 2021.


"Tapi karena yang mendaftar hanya sedikit sekitar 5 orang, sehingga kegiatan tertunda. Saya nggak ngerti karena apa," kata Eddy Berutu.


Ketua Partai Golkar Dairi itupun mengajak pengurus SMSI Kabupaten Dairi untuk penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan di tahun 2022. 


Eddy berkomitmen untuk siap mengalokasikan anggaran itu.


"Bagaimana kalau kita buat setahun 3 kali," kata Eddy, melirik Ketua SMSI Dairi.


Tak hanya itu, Eddy juga mendorong agar seluruh Perusahaan Pers yang tergabung di SMSI Dairi bisa terverifikasi Dewan Pers tahun ini.


"Kenapa harus tahun depan, tahun ini saja undang Dewan Pers," cetus Eddy kepada Ketua SMSI Dairi.


Eddy mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus yang  dilantik, dan kedepannya bisa bersinergi dengan pemerintah.


Menanggapi Bupati Dairi, ketua SMSI Kabupaten Dairi, Rudi Anto Sinaga mengatakan enam pemilik Media Siber di Kabupaten Dairi siap meningkatkan legalitas perusahaan Persnya untuk Terferivikasi Dewan Pers.


"Kita Amini, asal Pak Bupati siap memfasilitasi 6 Media di SMSI Dairi, kita tinggal koordinasi dengan SMSI Sumut untuk verifikasi Dewan Pers," ucap Rudi.


Rudi juga berharap dukungan dan kerjasama dari pemerintah dan Forkopimda, agar SMSI di Dairi bisa berjalan baik.


"Kalau sudah Terverifikasi Dewan pers, sengketa pers kita sudah ke Dewan Pers, bukan lagi ke-Polisi. ini salah satu wujud perjuangan kebebasan Pers," hardik Rudi.


Media Siber yang tergabung di SMSI Dairi adalah, nduma.id, gajahtobanews.com, tigasisi.id, dairipos.com, Jurnaldairi.co, dibaktinews.com, suarapembaharuan.com


Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung menyebut media yang tergabung dalam SMSI harus terverifikasi Dewan Pers.


Dikatakan dewan pers dibentuk oleh undang-undang, sehingga keputusan dewan pers sama mengikat dengan peraturan pemerintah.


Dikatakan satu-satunya undang-undang di Indonesia yang tidak ada turunannya adalah undang-undang nomor 40 tentang  pers.


"Dia tidak punya peraturan pemerintah, tidak punya keputusan dan peraturan presiden, tidak juga ada keputusan Kominfo. Jadi pers yang paling bebas di dunia saat ini hanya  di Indonesia," ujarnya.


Meski demikian penegakan hukum tetap ada bagi media dan jurnalis yang melanggar kode etik, undang-undang pers dan ITE, bila belum dilindungi undang-undang nomor 40 atau terdaftar di dewan pers.


"Jadi itulah salah satu fungsi kehadiran SMSI ke Dairi," terang Zulfikar.


Sedangkan Kasat Reskrim Polres Dairi AKP Rismanto J Purba mengatakan, era saat ini  media menjadi mitra strategis. 


"Itu yang harus disadari. Sampai hari ini tidak ada orang sampai kemana pun, tanpa melalui pemberitaan. Kinerja kita bisa di informasikan sebagai tangung jawab melalui pemberitaan media kepada masyarakat," ucapnya.


Pelantikan bertema "SMSI Kabupaten Dairi Bekerja Merawat Profesi" 


Dihadiri Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Tapanuli Raya Andrey Simatupang, Ketua SMSI Samosir, Bupati Dairi, Kasat Reskrim Polres Dairi AKP Rismanto J Purba, Kadis Kominfo Dairi Aryanto Tinambunan, Kasi Humas Polres Dairi Iptu Doni Saleh, Ketua Partai Politik dan Ormas dan undangan lainnya.


Ketua Serikat Media Siber Indonesia Sumut, Zulfikar Tanjung didamping Sekretaris Erris Napitupulu dan 4 pengurus lainnya.


Pengurus SMSI Kabupaten Dairi Periode 2022-2027 dilantik : 


Ketua Rudi Anto Sinaga SE,

Wakil Ketua Yono Syahputra,

Wakil ketua Jamalum Berutu.



Sekretaris Yustin M Sianipar 

Wakil Sekretaris Iwansyah Sitepu


Bendahara Novel Martinus Sinaga, 

Wakil Bendahara Fajar Gunawan, 


Bidang Pendidikan: Harapan Manik Anggota Simon Frandika Hutama Sianipar.


Bidang Organisasi Rudi Yanto SH

Anggota Haposan Lumbangaol dan

Eliana.


Bidang Hubungan Antar Lembaga: Maruba Sinaga

Anggota Angel Banjarnahor.

Lebih baru Lebih lama