Wagub Musa Rajekshah Apresiasi UISU Bantu Pemerintah Mengurai Angka Pengangguran

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi rangkaian kegiatan Milad ke-70 Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Job Fair dan Temu Ramah Alumni yang digelar di Auditorium Kampus I UISU, Jalan Sisingamangaraja, Teladan Barat Medan, Kamis (3/2/2022).


Wagub Sumut Musa Rajekshah (ist)

Menurutnya, Job Fair yang dilaksanakan UISU adalah satu program yang membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Provinsi Sumut yang saat ini berdasarkan data BPS per Februari 2021 mencapai 449.000 orang dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 6,01%.

 

Musa Rajekshah juga mengapresiasi UISU yang terus berbenah dan berpikir maju ke depan untuk dapat bersaing dengan universitas swasta lainnya. Apalagi saat ini, UISU masuk ke dalam tujuh daftar Universitas Swasta terbaik di Sumut menurut UniRank.

 

"Acara Job Fair yang disiapkan UPT Ketenagakerjaan UISU ini sangat membantu pemerintah. Saya bangga melihat UISU yang tidak hanya berpikir maju ke depan untuk bersaing dengan universitas swasta di Medan lainnya, tapi juga memikirkan alumninya dengan menyiapkan Job Fair ini. Semoga ini bisa terus berkesinambungan," ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub Musa Rajekshah.

 

UISU, lanjut Ijeck, memiliki sejarah panjang dan jatuh bangun. Kehadiran alumni dalam Temu Ramah Alumni ini juga diharap bisa menjadi penyambung silaturahmi antaruniversitas dan alumni yang saat ini sudah sukses di berbagai bidang. "Untuk alumni, apa yang bisa kita bantu marilah kita bantu agar masyarakat atau saudara-saudara kita timbul lagi kepercayaannya kepada UISU, walaupun saat ini memang sudah terlihat. UISU juga harus terus berbenah untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia," ujarnya.

 

Menanggapi hal ini, Rektor UISU Yahnar Jamaluddin menyampaikan, saat ini pihaknya terus berbenah agar bisa menjadi universitas yang unggul. "Kami mengupayakan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yakni dosen. Saat ini dosen lulusan S3 kita masih 13% dan kami targetkan empat tahun ke depan bisa mencapai 30%. Kami menganggap untuk menjadi universitas yang unggul sangat diperlukan dosen atau tenaga pendidik yang profesional. Setelah itu, kami juga menargetkan peningkatkan jabatan fungsional dosen," ujarnya.

 

Selain itu, Yahnar juga mengatakan pihaknya akan memperbaiki sarana dan prasarana  yang ada di UISU. "Selain SDM, program kami ke depan adalah pembangunan laboratorium dasar dan RS pendidikan untuk Fakultas Kedokteran UISU," ujarnya, didampingi Kepala UPT Ketenagakerjaan UISU Rosnida Nasution.

 

Sementara itu, untuk gelaran Job Fair ini, ditambahnya ada 10 perusahaan yang ikut terlibat di antaranya ada Bank Syariah Indonesia (BSI), Mestindo, Daun Agro, Aneka Industri dan Jasa dan lainnya. Karena masih dalam suasana Covid-19, Job Fair ini dilakukan secara online khusus untuk para alumni UISU.

 

"Semoga rangkaian acara dari peringatan ke-70 UISU yang jatuh pada 7 Januari lalu ini bermanfaat untuk para alumni, membuka ruang dan kesempatan kepada para alumni dalam mencari pekerjaan. Kami juga berharap kehadiran alumni bisa ikut membantu membesarkan UISU ini, memberi ide dan masukan," tutupnya.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama