BPOLBF Jawab Tantangan Pengelolaan Event di Floratama Lewat Ideathon 2022

LABUAN BAJO, suarapembaharuan.com - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali menggelar program Ideathon, program kompetisi ide untuk menghasilkan ide-ide inovatif. Ini sekaligus menjadi prototipe dalam menyelesaikan tantangan pariwisata dan ekonomi kreatif terutama dalam hal pengelolaan event di Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama) NTT.


Foto : Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina. (Ist)

Sebelum membuka pendaftaran program Ideathon 2022 bagi khalayak umum, BPOLBF selenggarakan webinar Ideathon #ItstimeforLabuanBajo. Acara yang sekaligus menjadi awal dari resmi dibukanya pendaftaran program Ideathon ini merupakan brainstorming untuk para peserta yang memiliki ketertarikan dalam penyelenggaraan event di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan melalui penyelenggaraan kompetisi ide dan konsep semacam ini, diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan industri event pariwisata dan ajang promosi dari destinasi.


"Melalui penyelenggaraan Ideathon kali ini, saya berharap rekan-rekan semua bisa mengambil bagian dalam kebangkitan industri event yang dapat mempromosikan destinasi, meningkatkan kunjungan, dan memberdayakan potensi lokal serta memberikan dampak terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip keberlanjutan. Kita butuh ide kreatif dan inovatif dan mari kita buka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," ujar Sandiaga dalam keterangannya Rabu (16/3/2022).


Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina mengatakan program Ideathon #ItstimeforLabuanBajo harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kebangkitan pariwisata mengingat saat ini penyelenggaraan MICE dan event sedang menjadi tren baru kunjungan ke destinasi.


"Kegiatan ini perlu kita manfaatkan sebagai momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Labuan Bajo dan sekitarnya. Penyelenggaraan MICE dan event dipercaya dapat memberikan dampak signifikan pada pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif, peluang lapangan kerja, serta pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal" jelasnya.


Menurutnya tujuan Ideathon adalah untuk menjawab tantangan dalam pengelolaan event di Labuan Bajo, menciptakan dan memodifikasi event baru agar menjadi event berkelanjutan, berkualitas, dan berstandar nasional serta menjadikan event sebagai daya tarik wisata baru di Labuan Bajo Flores.


Mengingat pentingnya tujuan dari program ini, ia juga menjelaskan bahwa para peserta yang mendaftar berkesempatan mendapat mentor dari fasilitator profesional dan konsepnya berpeluang diimplementasikan dalam Side Event G20.


Webinar ini adalah langkah awal dalam mengikuti kompetisi Ideathon karena para peserta berkesempatan untuk dimentori para mentor dan fasilitator profesional dalam bidang event dan ide atau konsepnya nanti berpeluang untuk diimplementasikan di Side Event G20" pungkasnya.


Hadir pula dalam webinar ini, Reza Fahlevi, Direktur Event Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events). Ia menjelaskan bahwa tahap pelaksanaan event daerah harus melalui 4 rangkaian proses yaitu Ideas, Planning, Implementation, dan Evaluation.


Program Ideathon ini masuk dalam proses awal sekaligus fondasi sebelum melalui tahap-tahap selanjutnya sehingga sangat penting untuk dikonsepkan secara matang sehingga mampu dilaksanakan secara berkelanjutan.


Direktur Pemasaran Pariwisata BPOLBF, Raisa Niloperbowo mengungkapan bahwa webinar ini merupakan langkah awal untuk masuk dalam kompetisi Ideathon dan dapat menjadi bekal untuk persiapan sebelum mendaftar dan mengikuti kompetisi Ideathon tersebut.


"Kita sudah mendengar materi-materi dari para narasumber mulai dari isu dan permasalahan dalam pengelolaan event, dampak positif yang ditimbulkan dengan adanya event sampai mengelola sebuah event," ucap dia.


Diharapkan materi tersebut menjadi bekal untuk menyiapkan ide dan konsep event dalam mengikuti kompetisi Ideathon #ItstimeforLabuanBajo.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama