Bupati Kunker ke Tanah Pinem, Akses Menuju Alur Subur di Perbaiki

DAIRI, suarapembaharuan.com - Sejumlah titik ruas jalan di Kecamatan Tanah Pinem langsung mendapat perhatian Pemerintah usai kunjungan Bupati Dairi Eddy Berutu ke Desa Lau Njuhar, Liang Jerring dan Desa Alur Subur pada 10-11 Februari 2022 lalu.




Eddy Berutu dalam kunjungannya menginap di rumah warga di Alur Subur. Ia menyerap aspirasi warga. Warga berharap agar jalan-jalan rusak parah diperbaiki.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi Masaraya Berutu membenarkan saat ini pihak PUTR dan BPBD memperbaiki sejumlah ruas jalan di Kecamatan Tanah Pinem diantaranya di Desa Mangan Molih tepatnya di Simpang Renun- Namo Sanggar. Kemudian dari Desa Lau Njuhar – Liang Jerring dan akan sampai ke Alur Subur.


“Saat ini alat berat bekerja di Tanah Pinem. Ada alat berat PUTR dan BPBD. Alat berat ini diturunkan untuk memperbaiki dan meratakan jalan-jalan yang berlubang,” kata Masaraya Berutu di Sidikalang, Kamis (17/2/2022).


Masaraya mengatakan, perbaikan jalan ini dilakukan sebagai tindak lanjut kunjungan bupati Dairi ke Tanah Pinem seminggu lalu. 


“Ini adalah bentuk respon bupati Dairi atas permintaan warga. Pada saat kunker itu masyarakat meminta jalan segera diperbaiki,” kata Masaraya.


Untuk Alur Subur, Masaraya mengatakan diperkirakan akan selesai satu bulan ke depan.

Ia juga menambahkan, selain perbaikan jalan saat ini normalisasi jalan dimulai dari Simpang Renun -Namo Sanggar- Lau Njuhar-Liang Jering-Alur Subur yang meliputi Desa Mangan Molih.


“Pada hari Senin, 14 Februari 2022 BPBD bersama PUTR melakukan survei pekerjaan minor berupa penempatan gorong-gorong baja. Saat ini excavator sudah berada di Simpang Renun untuk memulai pekerjaan normalisasi atau perbaikan trase,” imbuhnya.


Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Hotmaida Dina Butarbutar, MT mengatakan perbaikan jalan dilakukan sebagai tindak lanjut kunker Bupati ke Desa Lau Juhar – Liang Jering – Alur Subur. Ia merencakan akan dilakukan perbaikan jalan sepanjang 44, 5 kilometer.


Menurut dia, rencana akan dilakukan normalisasi jalan, pembuatan parit dan selanjutnya akan dilakukan pemadatan/perkerasan dgn menggunakan alat berat.


“Pekerjaan telah dimulai dari Desa Mangan Mulih perbatasan Tanah Karo, Simpang Desa Renun-Namo Sanggar (Mangan Molih) – Lau Juhar – Liang Jering-Alur Subur,” katanya.


Ia mengatakan pekerjaan ini dilakukan kolaborasi antara Dinas PUTR dengan BPBD dibantu oleh pihak Kecamatan Tanah Pinem. 


Lebih baru Lebih lama