Ganjar Ajak Wirausahawan Manfaatkan Blangkon Jateng

SURAKARTA, suarapembaharuan.com – Pengusaha makanan sehat asal Kalimantan Selatan menangi kompetisi antarusahawan rintisan, Hetero for Startup (HFS) session 2. Diselenggarakan oleh Pemprov Jateng, lomba itu menjaring ribuan usahawan dari seantero negeri.


Ist

Adalah Tambiyaku, brand penganan berbahan sorgum yang dikembangkan oleh Muhammad Bayu Hermawan, yang menjadi pemenang. Bisnis yang dimulai sejak 2018 itu, memfokuskan pada pembuatan makanan sehat, khususnya mereka yang menderita diabetes. Apalagi, di tengah pandemi tren konsumsi makanan sehat semakin meningkat.


“Tambiyaku adalah bahasa Dayak. Artinya nenek. Karena nenek saya sering memberi saya sorgum, akhirnya saya beri nama itu,” tuturnya, seusai pengumuman pemenang Hetero for Startup session 2, di HeteroSpace Surakarta, Minggu (27/3/2022).


Bayu menyebut, pasokan sorgum atau biasa disebut cantel, ia peroleh dari Kalimantan Selatan. Selain itu, sumber sorgum juga diperoleh di Jawa Barat. Dalam sebulan, kebutuhan sorgum yang diperlukan mencapai 25 ton.


“Kalau kantor kami ada di Jakarta Pusat. Dengan ikut Hetero for Startup di Jateng, harapannya juga bisa mengembangkan tanaman sorgum di Jawa Tengah,” ucapnya.


Selain Tambiyaku,  ada dua pemenang lain di ajang Hetero for Startup session 2. Mereka adalah Tabula asal Jakarta sebagai perusahaan konsultasi kesehatan jiwa, dan Natureline asal Boyolali, Jawa Tengah, yang bergerak di bidang kecantikan.


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasinya terhadap para pemenang. Ia ingin, para pemenang dapat berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.


“Kami di provinsi, ada Pak Wali Kota di pemkot, ada di BUMD dan BUMN itu punya kebijakan yang kita arahkan APBD 40 persen belanjanya bisa ke belanja produk dalam negeri. Sehingga harapannya para juara segera masuk ke e-Commerse. Nanti bisa dibantu Bu Ema (Kepala Dinkop UKM Jateng),” paparnya.


Ganjar membeberkan, Pemprov Jateng telah memiliki aplikasi Blangkon  (Belanja Langsung Toko Online) Jateng. Dengan aplikasi tersebut, UKM bisa mendaftarkan diri untuk menyediakan kebutuhan barang dan jasa Pemprov Jateng.


Menurutnya, antusiasme wirausaha anak muda makin berkembang. Indikasi ini dilihat dari banyaknya peserta Hetero for Startup 2022 yang mencapai 1.600 tim.


“Dengan ini saya ingin start up baru muncul. Saya ingin anak muda terus berkrasi. Saya ingin fasilitas ini digunakan. Dalam dua tahun peningkatan (peserta) hampir 200 persen, maka ini bagus, artinya anak muda di Indonesia ingin berentrepreneur dengan kreativitas itu tinggi. Kota Solo ini melalui Pak Wakil dikembangkan sebagai kota kreatif. Inilah stimulan yang bisa mendorong entrepreneur muda tumbuh,” sebutnya.


Sebagai informasi, acara yang di-support oleh Sampoerna untuk Indonesia ini, memberikan hadiah total Rp120 juta. Selain itu, 15 tim yang masuk 20 besar mendapatkan hadiah apresiasi dari Bank Jateng senilai total Rp75 juta. 


Hadiah lain diberikan kepada juara 1-3 oleh Xendit berupa biaya layanan senilai 5.000 dolar AS. Sementara pemenang lainnya mendapatkan biaya layanan dari Xendit senilai 2.000 dolar AS, masing-masing selama dua tahun. 


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama