Gawat, Sejumlah Kapal Perang Rusia Melintas di Perairan Jepang

JEPANG, suarapembaharuan.com - Japan Maritime Self-Defense Force (JMSDF) mengaku mendeteksi sejumlah kapal perang Rusia melintas perairan Jepang.


Ilustrasi

Kapal perang Rusia itu diprediksi bisa membawa puluhan tank, kendaraan militer, dan ratusan tentara tersebut, dipantau oleh JMSDF.


Berdasarkan pemantauannya, kapal raksasa tersebut melewati Barat dari Samudra Pasifik ke Laut Jepang melalui Teluk Tsuruga yang sempit.


Teluk tersebut merupakan perairan yang memisahkan Pulau Honshu (pulau utama Jepang) dengan Pulau Hokkaido.


Juru bicara militer Jepang mengatakan bahwa kapal-kapal Rusia melewati selat yang begitu dekat dengan wilayahnya tersebut merupakan hal yang tidak biasa sehingga membuatnya cemas.


Jepang diketahui bersimpati pada Ukraina atas berjatuhannya korban perang, terutama pada warga sipil hingga banyaknya pengungsi yang melarikan diri dari konflik.


Negara Jepang juga sudah menyatakan kesiapannya untuk menampung warga Ukraina yang melarikan diri dari serangan Rusia.


Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida sejak Rabu, 2 Maret 2022.


Menteri Kehakiman Jepang, Yoshihisa Furukawa juga mengatakan bahwa warga Ukraina yang awalnya memasuki Jepang dengan visa jangka pendek (90 hari) akan bisa diubah menjadi status visa khusus.


Bantuan Jepang terkait visa tersebut bertujuan agar pengungsi Ukraina bisa bekerja dan membangun kehidupan jangka panjangnya di Jepang.


Kategori : News

Editor     : YZS



Lebih baru Lebih lama