Kasus Covid-19 Meningkat, Bupati Dairi Rapat Evaluasi

DAIRI, suarapembaharuan.com - Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan evaluasi perkembangan Covid-19. Berbagai upaya sudah dilakukan umtuk pengendaliannya. Seminggu terakhir, terjadi lonjakan terkonfirmasi positif Covid-19. 




Data terakhir yang diupdate Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi per tanggal 21 Februari yang dirilis pada 22 Februari 2022 jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 276 orang dari sebelumnya 234 orang. Ada kenaikan 42 orang. 


Jumlah tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan. Namun dari data dinas kesehatan, kecamatan yang paling banyak terkonfirmasi positif Kecamatan Sidikalang 139 orang. Kemudian Kecamatan Sumbul 40 orang dan Silima Pungga-punga 30 orang. 

Menyikapi persoalan tersebut, Bupati Dairi Eddy Berutu memimpin rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kantor Bupati Dairi, Selasa (22/2/2022) tentang perkembangan Covid – 19 di Kabupaten Dairi.


Rapat tersebut dihadiri Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, mewakili Kodim 0206/Dairi Pasi Intel A Siregar dan pimpinan OPD. Dalam rapat tersebut, Bupati Dairi menjelaskan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 angka penyebarannya harus bisa ditekan. Ia mengharapkan peran semua pihak untuk bersama-sama agar situasi Covid 19 bisa terkendali.


Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi kepada tokoh dan masyarakat untuk menghimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Sosialisasi yang disampaikan kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas bepergian ke luar rumah. Selain itu, Dinas Kesehatan harus terus menggencarkan vaksinasi.


“Vaksinasi harus terus digencarkan. Sosialisasi berupa ajakan kepada masyarakat untuk melakukan vaksin terus dilakukan, harus dikebut itu,” katanya.


Eddy mengatakan, tingkat vaksinasi untuk dosin ketiga masih rendah yakni 5,07 persen. Sementara untuk vaksin pertama dan kedua sudah tinggi.


“Untuk vaksin dosis pertama 82,75 persen. Untuk lansia dosis pertama 79,41 persen. Selanjutnya anak usia 6-11 tahun dosis pertama 99,59 persen dan dosis kedua 88,85 persen. Dalam rapat tersebut, Eddy Berutu juga mengajak TNI-Polri, pihak Satpol PP dan pihak kecamatan dan desa untuk mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Saya kira kita harus sama-sama melakukannya. Kira harus bekerja sama, kita harus memberikan rasa aman kepada masyarakat,” katanya.


Dalam pertemuan tersebut, Eddy juga mengatakan soal bantuan pemerintah kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah.


“Saya meminta dinas sosial dan dinas kesehatan turun dan mendata siapa saja yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Kemudian saya meminta dinas sosial untuk segera memberikan bantuan berupa pemenuhan kebutuhan dan gizi kepada orang yang melakukan isolasi mandiri,” ucapnya.


Selain itu, Eddy meminta kepala desa untuk mengaktifkan satgas Covid – 19 di desa.


“Saya kira Pemdes dan pihak kecamatan meminta pihak kepala desa untuk mengaktifkan satgas kembali,” pintanya.


Eddy menjelaskan jumlah Bed Occupancy Rate (BOR) di RSUD Sidikalang saat ini dengan jumlah 16 orang pasien maka ketersediaan tempat tidur 54 dengan BOR 29, 62 persen. 


Sementara Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman dalam paparannya mengatakan setiap desa atau kelurahan mengoptimalkan posko penangnan Covid-19 untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Ia mengatakan pihaknya secara rutin melakukan operasi yustisi di tempat-tempat rawan penyebaran Covid-19 dengan dukungan dari Pemda. Pihaknya juga melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan yang melibatkan Kodim 0206/Dairi, satpol PP dengan sasaran rumah makan, kafe, dan menghimbau membatasi jam operasional. 


Lebih baru Lebih lama