MTQ Nasional Ke 47 Tingkat Kabupaten Dairi Resmi Dibuka Bupati

SIDIKALANG, suarapembaharuan.com – Dengan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu, dan diawali dengan pembacaan ayat suci Al’Quran, MTQ ke 47 tingkat kabupaten secara resmi dibuka, Senin (15/3/2022).




Dalam sambutan dan pesannya Bupati Dairi, Dr Eddy Berutu menyebut kehadiran MTQ selalu senantiasa membawa daya pikat dalam hati masyarkat mengingat MtQ sebagai media dakwah, namun mampu mendorong percepatan pembangunan di seluruh Indonesia.


“Lantunan ayat suci Alquran senantiasa membawa kedamaian di bathin terkhusus disaat pandemi yang masih melanda negara kita. Saya mengharapkan MTQ bisa menjadi pemersatu, serta mengarahkan masyarakat agar senantiasa meningkatkan minat seni membaca alquran,” ucapnya.


MTQ yang diselenggarakan di halaman utama gedung MTQ desa Bintang Mersada, Eddy Berutu menyampaikan, kesuksesan pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan menjadi kunci ke depan kesuksesan MTQ tingkat kabupaten ini.


“Saya senang pelaksanaan MTQ kecamatan berjalan baik. Mari kita tingkatkan pelaksanaan dalam kegiatan MTQ kali ini agar kita bisa menghantar utusan kita hingga ke tingkat nasional,” tambah Bupati.


Bupati juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh pihak atas terselenggaranya acara akbar ini seraya terus berpesan agar dalam pelaksanaannya tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes).


“Saya atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah berupaya terselenggaranya MTQ ini. Alquran sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu terus ditumbuh kembangkan termasuk dalam MTQ yang diselenggarakan secara berjenjang sehingga kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial semata namun mampu menjadi motivasi kita. Karena saat ini masih dalam masa pandemi dan kita berada pada PPKM Level III saya meminta penyelenggaraan MTQ ini tetap mengedepankan protokol kesehatan, karena kesehatan adalah yang utama,” ujarnya.


Diakhir sambutannya Eddy Berutu berpesan agar masyarakat senantiasa mendukung pelaksanaan vaksinasi sebagai program nasional.


“Saya juga berharap peran serta masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi dari seluruh warga yang hadir dalam kegiatan ini. Baru ada 3 kecamatan yang terbaik dalam vaksinasi yakni Sidikalang, Berampu, dan Sitinjo yang sudah 100% pelaksaanan vaksinasi II. Kami pemkab, TNI dan Polri siap melaksanakan vaksinasi. Vaksin kita siap dan tersedia.” ucapnya.


Masih dalam kegiatan serupa, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Dairi, Drs.Saidup kudadiri menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ini adalah agenda rutin baik dari tingkat kecamatan, hingga ke kabupaten bahkan nasional.


Saidup pun tidak lupa menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pemkab Dairi dukungan kesuksesan acara ini.


“Kiranya harmoni keberagaman yang menjadi visi misi pemerintah kabupaten melalui kegiatan MTQ ini dapat terwujud,” pungkasnya.


Perlu diinformasikan bahwa kegiatan MTQ ke 47 tingkat kabupaten ini akan diikuti oleh 187 orang peserta putra, dan 197 orang peserta putri dari 15 kecamatan yang bertanding yang akan memperebutkan piala bergilir, dimana pada penyelenggaraan MTQ tahun lalu diraih oleh kecamatan Tanah Pinem sebagai juara bertahan.


Hadir juga dalam pembukaan MTQ ini, unsur Forkopimda, diantaranya Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, mewakili Dandim 0206/Dairi, Kepala badan Kesbangpol, Mahadi Kudadiri, para camat dari 15 kecamatan, ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) kabupaten Dairi, Jono Pasi, tokoh masyarakat, serta para undangan lainnya.

Lebih baru Lebih lama