November 2022, Vladimir Putin Pastikan Hadiri G20 di Bali

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) Group of 20 (G20), yang dilaksanakan di Bali, pada November 2022 mendatang.


Ist

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva menyatakan, Presiden Vladimir Putin datang dengan mempertimbangkan berbagai hal, termasuk memantau perkembangan situasi pandemi.


"Tentunya datang dengan melihat situasi maupun kondisi, apalagi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik," ujar Lyudmila Vorobieva di Jakarta, Rabu (23/3/2022).


Lyudmila Vorobieva menyampaikan, Rusia mengapresiasi sikap Indonesia yang tidak terpengaruh dengan Amerika Serikat bersama sekutunya, supaya Rusia dikeluarkan dari keanggotaan G20.


"Kita meyakini Indonesia tidak akan melakukan itu karena masalah Rusia dengan Ukraina tentunya tidak ada hubunhan dengan G20. Dengan mengeluarkan Rusia justru itu merupakan kemunduran," katanya.


Vorobieva menilai, G20 dibentuk dengan tujuan untuk merespons situasi dan tantangan ekonomi dunia. Sehingga, jika mengeluarkan Rusia dari forum justru tak membantu perbaikan situasi ekonomi. 


"Tanpa Rusia ini akan sulit. Apalagi Rusia telah mengikuti berbagai pertemuan dalam rangkaian G20, baik yang diselenggarakan secara daring maupun luring. Rusia mendukung presidensi Indonesia di G20," pungkasnya.


Dalam kesempatan itu, Lyudmila Vorobieva menyebutkan, bahwa Rusia sangat menginginkan Indonesia maupun negara lainnya, tidak menyerah terhadap berbagai tekanan terkait Ukraina.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama