Pelaku UMKM Dairi Ikuti DEA

SIDIKALANG, suarapembaharuan.com – 100 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Dairi dari berbagai sektor usaha mengikuti pelatihan Digital Entrepreueurship Academy (DEA) yang digelar di Hotel Beristera, Sitinjo Dairi selama 2 hari yakni 15-16 Maret 2022.




Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dairi Aryanto Tinambunan, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Ibrar Samekto, Sekretaris Dinas Perindag Kabupaten Dairi Sabar Pasaribu.


Pelatihan DEA merupakan kali kedua dilaksanakan di Dairi adalah kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan.


Bupati Dairi Eddy Berutu dalam sambutannya yang dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Dairi menyambut baik pelaksanaan kegiatan Digital DEA kepada pelaku usaha UMKM di Dairi.


Dikatakannya UMKM menjadi salah satu sektor penting bagi ekonomi bahkan di seluruh penjuru dunia saat ini. Namun masih sedikit yang masuk dalam ekosistem ekonomi digital.


Menurutnya, pemerintah Kabupaten Dairi sangat mendukung program kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan keterampilan serta pengetahuan guna mengembangkan ekonomi UMKM berbasis teknologi digital.


“Saat ini digital enterpreneur menandai perkembangan teknologi informasi digital yang sangat pesat termasuk juga dalam dunia usaha kecil menengah dan mikro dituntut untuk memiliki keterampilan berbasis digital. Bukan hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia saat ini melakukan hal yang sama,” katanya.


“Saya berharap warga Dairi terkhusus pelaku usaha UMKM agar memanfaatkan kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan UMKM Dairi bisa maju dan sejahtera serta meningkatkan ekosistem ekonomi digital,” ujarnya.


Bupati Eddy Berutu mengatakan ke depan kerjasama dengan Pemkab Dairi akan terus terjalin sehingga ekosistem pengembangan SDM Dairi tetap.


Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Ibrar Samekto menyampaikan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam beberapa tahun terakhir sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur komunikasi dan melakukan peningkatan literasi digital.


“Dairi sudah melaksanakan serangkaian kegiatan digital enterpreneur academy yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkan inovasi berbasis teknologi para pelaku pelaku usaha di Dairi ini,” ujarnya.


Irbar Samekto menambahkan, program pelatihan DEA yang digelar saat ini sebagai usaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi internet dan platform e-commerce dalam memasarkan hasil usahanya secara lebih luas lagi.


“UKM itu sangatlah kuat. Dari mikro menjadi makro ekonomi. Nah dengan keterampilan basis teknologi kita bisa mengembangkan usaha kita, karena kita sudah bisa memasarkan produk kita kepada konsumen selama 24 jam tanpa harus ditunggui dengan adanya digital marketing,” terang Ibrar.


“Pelatihan ini diharap dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang dan maju, salah satunya melalui digital marketing. Memudahkan pelaku UMKM yang ada saat ini bisa go-online,” ujarnya.


Sekretaris Dinas Perindag Dairi Sabar Pasaribu mengatakan Kami juga membantu UMKM Dairi untuk membuat profil usaha yang nantinya bisa masuk ke marketplace.


Profil usaha yang dimaksud dalam hal ini adalah bagaimana kita mengemas deskripsi detail produk untuk menarik minat konsumen.


“Menguatkan ekosistem digital dibutuhkan sinergi antara pemerintah bersama swasta dibarengi dengan inovasi inovasi kreatif dan tentunya peningkatan SDM dan pengetahuan tentang literasi keuangan,” tukasnya.

Lebih baru Lebih lama