Petani Tanah Karo Keluhkan Kelangkaan Pupuk Subsidi

KARO, suarapembaharuan.com - Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut, Frans Dante Ginting, menggelar Reses II Tahun Sidang III 2021-2022 di sejumlah desa pada 3 kecamatan di Karo. Tiga kecamatan itu merupakan sentra pertanian di kabupaten tersebut. Sejumlah keluhan pun disampaikan warga kepada Frans Dante Ginting untuk dicarikan solusinya.


Ist

Di antara keluhan warga yang mengemuka adalah kesulitan petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, juga kenaikan pupuk non subsidi. Kondisi ini jelas sangat memberatkan mereka, terutama saat musim tanam tiba. Demikian keterangan tertulis yang diterima beritakarya.com, Jumat (18/3/22).


Warga pun bersyukur dengan reses yang digelar anggota DPRD Sumut dari daerah pemilihan (Dapil) XI (Karo, Dairi, Pakpak Bharat). Pertemuan yang digelar Dante pun dihadiri ratusan warga yang ingin persoalan yang mereka hadapi, segera ada jalan keluarnya. “Tolong Pak Dewan untuk segera ditindaklanjuti apsirasi kami,” ujar salah seorang warga.


Terkait masalah pupuk, warga lainnya mengungkapkan, ada kalanya distribusi pupuk tidak sesuai yang diharapkan. “Terkadang pupuk yang kami dapatkan masih jauh atau kurang dari kebutuhan petani. Kami berharap Pak Dewan segera memperjuangkan aspirasi kami ini,” tambah warga lainnya.


Selain mengenai persoalan pupuk, warga juga menyampaikan aspirasi lainnya. Mereka meminta agar Pemrov Sumut melalui Dinas Pertanian dapat membantu dan menyalurka bibit sejumlah komoditi pertanian. Di antaranya bibit kentang, kol, cabai dan tanaman holtikultura lainnya. “Kami juga dibantu pengadaan bibit dan obat-obatan pertanian,” imbuh seorang warga.


Tak hanya tentang pupuk dan bibit pertanian, warga juga meminta Frans Dante Ginting memfasilitasi bantuan bibit ternak seperti sapi, kambing dan unggas. “Kalau bisa tolong Pak Dewan bantu agar kami dapat bantuan bibit ternak sapi, kambing atau ungags. Ini semua untuk membantu peningkatan pendapatan kami,” ujar warga lainnya.


Setelah mendengarkan dan mentabulasi aspirasi warga, Frans Dante Ginting mengatakan, semua aspirasi warga akan segera ditindaklanjuti ke instasi terkait. “Juga, akan disampaikan langsung kepada Gubsu dalam rapat paripurna tentang hasil reses di DPRD Sumut dalam waktu dekat ini,” ungkap Frans Dante yang disambut ucapan terimakasih dan tepuk tangan warga. (Ril)


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama