Roket Rusia Hantam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ukraina

UKRAINA, suarapembaharuan.com - Pasukan Rusia menggempur habis - habisan Ukraina. Selain meringsek beberapa kota, militer Rusia juga melepaskan roketnya menghantam pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Zaporizhzhia, Ukraina.


Reuters

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Jumat (04/03/2022), secara mengejutkan menyampaikan serangan tersebut.


Zaporizhzhia yang merupakan pembangkit nuklir terbesar di Eropa. Kuleba mengetahui serangan Rusia berdasarkan laporan wali kota setempat. Namun kantor berita setempat belum menginformasikan serangan Rusia itu.


"Tentara Rusia menembak dari semua sisi ke PLTN Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa," cuit Kuleba yang dikutip dari akun twitter@DmytroKuleba.


"Kebakaran telah terjadi. Jika (PLTN) itu meledak, ledakannya bisa 10 kali lebih besar daripada Chernobyl! Rusia harus SEGERA menghentikan serangannya, izinkan pemadam kebakaran, dirikan zona keamanan!" tulis Kuleba.


Serangan di sekitar pembangkit nuklir sangat berisiko karena potensi dampak radiasi meluas.


Kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah menimpa PLTN Chernobyl pada tahun 1986 saat Ukraina menjadi bagian dari Uni Soviet.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama