Wujudkan Cita-Cita Anak Desa, RSI Dirikan Fasilitas Belajar di Serdang Bedagai

 SERDANG BEDAGAI, suarapembaharuan.com - Regal Springs Indonesia (RSI) terus memberikan terobosan dengan program Kami Pedulinya. Kali ini saung diperuntukan untuk belajar mengajar anak berdiri di Dusun III, Desa Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan, SerdangBedagai Sumatera Utara.




Saung pelatihan belajar anak dari program RSI Kami Peduli (PT Aqua Farm Nusantara) kini aktif di gunakan anak-anak desa tersebut, mulai anak TK dan anak SD aktif belajar pendidikan sekolah dasar maupun mengaji.


Saung yang di bangun RSI Kami Peduli sangat membantu bagi anak-anak di Desa Naga Lawan. sebagai tempat belajar dan mengaji. Papar Kades Sei Nagalawan Mahyaruddin Salim Sabtu (26/3) di lokasi Saung.


Saung dengan konsep ruang terbuka ternyata lebih di minati oleh anak-anak. Sebelumnya anak-anak mengaji di rumah guru ngaji, belajar di rumah masing-masing,  adanya Saung ini di Dusun III tampak  anak-anak aktif dan lebih ceria karena mampu menampung jumlah lebih banyak dan dipandu langsung oleh guru. Papar Mahyaruddin.





“Terima kasih kepada RSI  yang telah membangun saung sehingga anak-anak bisa belajar dan mengaji di ruang terbuka nantinya akan dijadikan taman bacaan bagi anak-anak dan masyarakat. Namun  masih membutuhkan buku-buku bacaan terutama buku agama Islam, untuk itu dia berharap Pemerintah setempat dapat membantu menyediakan buku bacaan, terutama buku bacaan agama Islam. Ucap Mahyaruddin.


Yani (42) orang tua murid mengaku, sangat terbantu dengan adanya Saung bantuan RSI itu  anak-anak mereka dapat belajar mengaji ditempat yang nyaman dan tenang.


“Sebelum ada Saung ini, anak-anak harus belajar ngaji dirumah guru ngaji, sekarang sudah bisa ngaji dan belajar di saung yang dibangun RSI,” katanya.


Head of Sustainability & Community Affairs, RSI  Dian Octavia mengatakan, bangunan fasilitas belajar berupa Saung dibangun di Desa Nagalawan bentuk kepedulian RSI  melalui program KAMI PEDULI dalam mendukung sarana dan mutu pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai.


RSI lanjut  Dian Octavia menyadari pentingnya pembangunan karakter anak bangsa melalui akses pendidikan yang optimal. Sebagai bentuk dukungan terhadap program “Desa Tangguh” dari Pemerintah Kabupaten Sergai, RSI menyerahkan dukungan prasarana Saung Belajar serta dukungan pendidikan lainnya yang mencakup tiga desa di sekitar wilayah operasional perusahaan, yakni Desa Sei Nagalawan, Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan dan Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin, Sergai.


 “Sejauh ini Saung Belajar disambut antusias oleh anak-anak yang datang untuk belajar. Nantinya fasilitas ini dapat digunakan bersama untuk anak-anak di luar jam sekolah atau kegiatan pemuda untuk pelatihan khususnya di masa pandemi COVID-19 dimana anak-anak membutuhkan tambahan jam belajar yang dilakukan diruang terbuka oleh bapak dan ibu guru,” ujar Dian Octavia 


Selain prasarana berupa ruang belajar terbuka, RSI juga menyerahkan dukungan beasiswa untuk siswa berprestasi dari keluarga pra-sejahtera dan bantuan untuk puluhan guru yang tersebar di Kecamatan Perbaungan dan Kecamatan Pantai Cermin dengan nilai lebih dari Rp. 40 juta.


Diketahui peresmian Saung turut dihadiri oleh  Camat Perbaungan Muhammad Fahmi S.TP, MAP, Danramil 07/PB Kapt. Kav. Ishak Iskandar, Kapolsek Perbaungan AKP. M. Pandiangan, SH, serta para guru, siswa-siswi, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. 


Inisiatif untuk mendukung program Desa Tangguh dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di Sergai  telah dilakukan RSI sejak pertengahan tahun 2021. Di antaranya bantuan alat-alat kesehatan di beberapa desa, sosialisasi dan edukasi pencegahan penyebaran COVID-19 bersama dengan Puskesmas setempat, vaksinasi massal, pemberian paket makanan tambahan untuk bantu asupan gizi dan lainnya.


Reporter : Zulpan Balo

Lebih baru Lebih lama