8 Tersangka Kasus Kerangkeng Maut Milik Bupati Langkat Nonaktif Akhirnya Ditahan

MEDAN, suarapembaharuan.com - Polda Sumut akhirnya menahan 8 tersangka kasus kerangkeng maut milik Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin-angin (TRP).


Ist

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, ada 9 tersangka dalam kasus kerangkeng maut yang menewaskan 3 orang warga di Langkat.


"Dua di antara 9 orang yang ditetapkan sebagai tersangka kerangkeng maut itu adalah Bupati Langkat nonaktif dan anaknya," tegas Kapolda Sumut, Jumat (8/4/2022).


Kapolda Panca menyampaikan, bahwa pihaknya baru melakukan rapat koordinasi dengan Kompolnas, Komnas HAM dan LPSK yang dihadiri Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut. 


"Selanjutnya, kita memutuskan bahwa 8 orang tersangka itu dilakukan penahanan selama 20 hari kedepan sejak hari Kamis (8/5), sementara TRP sendiri saat ini ditahan oleh KPK,” kata Irjen Panca Putra.


Rapat koordinasi itu dipimpin Kapoldasu Irjen Panca Putra Simanjuntak dengan dihadiri Ketua Kompolnas RI Irjen pol (purn) Beny Mamoto, Kejatisu Idianto , Wakapoldasu Brigjen Dr.Dadang Hartanto.


Rapat itu juga dihadiri Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu dan Wakil Ketua bidang hukum Komnas HAM, Gatot. Dalam konferensi pers itu turut dihadirkan ke 8 tersangka.


Kapolda mengatakan, penyidik masih terus bekerja untuk merampungkan berkas agar segera dikirim ke JPU.


“Kendati ke 8 tersangka sudah dilakukan penahanan, penyidikan tidak berhenti sampai disini. Kami sangat mengharapkan masukan dari siapapun dan semua informasi akan kita tindaklanjuti dan telusuri secara profesional,” ujarnya.


Jenderal bintang dua itu mengatakan, penahanan terhadap ke 8 tersangka dilakukan untuk memenuhi rasa keadilan karena dengan ditahannya para tersangka diharapkan para korban dan saksi akan lebih berani memberikan keterangan kasus yang sebenarnya.


Terkait jumlah korban meninggal dunia, Panca mengatakan, ada 6 orang. Dua diantaranya sudah di ekshumasi (Otopsy dengan membongkar kuburan) sedangkan satu korban lagi oleh pihak keluarga tidak bersedia untuk diotopsy. Sementara tiga korban lainnya masih terus didalami.


“Dari hasil penyelidikan kita bersama Komnas HAM dan LPSK, ada 6 korban meninggal dunia, dua diantaranya sudah di ekshumasi dan satu lagi olah pihak keluarga tidak bersedia untuk diekshumasi sementara yang tiga orang lagi masih terus didalami,” jelasnya.


Kapolda juga mengakui ada keterlibatan 5 anggota Polri dalam kasus tersebut hanya saja keterlibatan mereka hanya mengetahui.


“Tiga orang yang bekerja di rumah TRP, satu keluarga dan satu orang datang,” imbuhnya.


Diketahui, ke delapan tersangka adalah Dewa Perwngin-angin putra dari Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Perangin-angin dan inisial HS, IT, RS, RG, JS dan HG.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama