Bantu Masyarakat Jelang Idul Fitri, Asian Agri Gelar Bazaar Ramadan

JAMBI, suarapembaharuan.com – Asian Agri, salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia menggelar Bazaar Ramadan dengan menyediakan 18.000 liter minyak goreng dengan harga terjangkau. 


Ist

Kegiatan bazaar ini berlangsung serentak 27 – 28 April 2022 di dua wilayah sekitar operasional Asian Agri yaitu di Provinsi Riau dan Jambi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan akan minyak goreng dengan harga terjangkau khususnya menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H.


Di Jambi, kegiatan Bazaar Ramadan disalurkan melalui dua unit bisnis Asian Agri yakni PT Inti Indosawit Subur  Kebun Tungkal Ulu sebanyak 4.000 liter dan PT Dasa Anugrah Sejati (PT DAS) Kebun Taman Raja sebanyak 4.000 liter. 


Sementara itu di Riau, pelaksanaan bazaar ini digelar di tiga unit bisnis Asian Agri, yakni di PT Mitra Unggul Perkasa (MUP) Kebun Langgam sebanyak 4.000 liter, PT Inti Indosawit Subur Kebun Buatan, Pangkalan Kerinci Riau sebanyak 5.000 liter, dan PT Rigunas Agri Utama (RAU) Kebun Peranap sebanyak 1.000 liter. 


Ist

Bazaar Ramadan Asian Agri di Jambi

Pembukaan Bazaar Ramadan di Jambi, dilakukan pada 27 April 2022 di Desa Bukit Harapan Kec. Merlung Kab. Tanjung Jabung dan Desa Lubuk Bernai Kec. Batang Asam Kab. Tanjung Jabung. Agar pelaksanaan Bazaar Ramadhan tetap mematuhi prokes, maka warga sebelumnya telah di bagikan kupon untuk bisa melakukan pembelian minyak goreng di lokasi bazaar dengan harga Rp. 15.000/liter. 


Bazaar di Desa Bukit Harapan, di buka langsung oleh Kades Bukit Harapan, Anang Umar Faruq, S.Pd.I. Kades Desa Bukit Harapan mengapresiasi kegiatan Bazaar Ramadhan yang dilakukan oleh PT IIS Tungkal Ulu, sekaligus terharu atas perhatian yang diberikan perusahaan kepada warganya. 


“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian PT IIS, dimana saat harga minyak goreng tinggi terlebih lagi menjelang Idul Fitri, perusahaan melakukan Bazaar Ramadan dengan menjual minyak goreng dengan harga terjangkau dimana merupakan salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian perusahaan kepada masyarakat kami. Sebagai desa binaan patut kita syukuri mendapatkan acara yang seperti ini, jangan dilihat dari nilainya, tapi lihatlah dari perhatian yang diberikan perusahaan selama ini,” ujar Anang saat membuka Bazaar Ramadan (27/4/2022) di desa Bukit Harapan.


Manajer Plasma PT IIS, Edwart Hutauruk  menyampaikan bahwa  kegiatan Bazaar Ramadan ini, merupakan bagian dari Rangkaian Bazaar Ramadan yang di selenggarakan Asian Agri bekerja sama dengan Apical Group untuk dapat membantu masyarakat  mendapatkan minyak goreng kemasan  premium 1 liter yang dijual dengan harga di bawah pasaran, yakni Rp 15.000 per liter dan  berlangsung pada 27-28 April 2022. 


“Kegiatan bazaar Ramadan ini adalah salah satu rangkaian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Asian Agri yang diselenggarakan bekerjasama dengan Apical Group, salah satu produsen minyak goreng terkemuka di Indonesia.  Pada momentum Ramadan ini, kami berharap dapat membantu memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat, khususnya minyak goreng  dengan harga lebih terjangkau,"ujarnya.


"Berkolaborasi dengan instansi Pemerintah, kami berharap dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar, yang juga sejalan dengan filosofi perusahaan kami yakni keberadaan perusahaan harus bermanfaat untuk masyarakat (good for community),” kata Edwart didampingi Humas PT IIS, Joko Rianto dan Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Jambi, Rudy Jaston.


Kegiatan Bazaar Ramadan ini dilaksanakan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan (prokes) dan staf di lapangan yang bertugas secara aktif selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu menjaga kebersihan tangan agar terhindari dari virus Covid-19. 


“Agar Bazaar Ramadan ini berjalan sesuai prokes, maka PT IIS juga sudah bekerjasama dengan pemerintah desa setempat dimana sebelumnya masyarakat sudah dibagikan kupon untuk pembelian migor seharga Rp 15.000 dan pelaksanaannya diatur waktunya untuk menghindari penumpukan warga,” ujar Edwart menambahkan.


Sementara itu, Rudy Jaston menyampaikan bahwa Asian Agri wilayah Jambi akan menyelenggarakan Bazaar Ramadan di 19 desa dengan total minyak goreng yang dijual sebanyak 8.000 liter.


“Khusus Asian Agri wilayah Jambi,  Bazaar Ramadan dilakukan selama 2 hari di 19 desa. Hal ini sengaja dilakukan agar  semakin banyak warga yang bisa mendapatkan manfaat dari Bazaar Ramadan dan tidak terjadi penumpukkan massa guna mencegah penyebaran Covid-19 ,” imbuh Rudy.


Tentang Asian Agri

Asian Agri merupakan salah satu perusahaan swasta nasional terkemuka di Indonesia yang memproduksi minyak sawit mentah (CPO) sejak tahun 1979. Hingga kini Asian Agri mengelola 100.000 hektar kebun kelapa sawit dan mempekerjakan lebih dari 20.000 orang.


Sebagai perintis program Pemerintah Indonesia Perkebunan Inti Rakyat Transmigrasi (PIR-Trans), Asian Agri telah bermitra dengan 30.000 petani plasma di Riau dan Jambi yang mengelola 60.000 hektar kebun kelapa sawit, serta membina kemitraan dengan petani swadaya untuk membawa dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi petani.


Dengan menerapkan kebijakan tanpa bakar dan praktik pengelolaan kebun secara berkelanjutan, Asian Agri membantu petani mitra untuk meningkatkan produktivitas, hasil panen, kemamputelusuran rantai pasok, sekaligus mendukung mereka memperoleh sertifikasi. 


Pabrik Asian Agri menerapkan teknologi terbaik memanfaatkan energi hijau yang dihasilkan secara mandiri, dalam rangka meminimalisasi emisi gas rumah kaca.


Lebih dari 86% dari perkebunan inti Asian Agri di Provinsi Sumatera Utara, Riau & Jambi serta 100% perkebunan petani plasma di Provinsi Riau & Jambi telah bersertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil). 


Pada saat yang sama, ISCC (International Sustainability & Carbon Certification) telah dicapai oleh seluruh kebun baik yang dimiliki oleh Asian Agri maupun petani binaannya. Seluruh unit bisnis dalam naungan Asian Agri telah memperoleh sertifikat ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil).


Keberhasilan Asian Agri menjadi salah satu perusahaan produsen CPO terkemuka telah diakui secara internasional dengan sertifikasi ISO 14001 untuk semua operasinya. Learning Institute di Pelalawan, Riau, serta pusat pembibitan di Kampar, Riau, juga telah bersertifikat ISO 9001. 


Selain itu, pusat penelitian dan pengembangan Asian Agri di Tebing Tinggi juga telah memperoleh sertifikasi oleh International Plant - Analytical Exchange di lab WEPAL di Wageningen University di Belanda, untuk standar yang tinggi.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama