FAJI Sumut Hadapi 2024: Siapkan Selekda, Kuatkan Kualitas Pelatih

MEDAN, suarapembaharuan.com – Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatera Utara terus menyiapkan diri menghadapi PON 2024. Selain terus melakukan talent scouting (pencarian bakat), FAJI Sumut segera menggelar Seleksi Daerah (Selekda) untuk membentuk atlet jeram yang akan mengisi Pelatda PON 2024 mulai Januari 2023.


Ist

Ketua Umum FAJI Sumut, Ir H Soekirman, mengatakan, pasca Rapat Koordinasi Cabang Olahraga Menuju 2024 dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan KONI Sumut, pihaknya terus bergerak untuk menjawab tantangan yang diberikan pada FAJI Sumut. 


“Target kami 5 emas di PON 2024. Itu tidak muluk-muluk. Sebab di Kejurnas Lampung, kita, tim FAJI Sumut ada di 3 besar nasional,” kata Soekirman, Rabu (13/4/2022). 


Soekirman mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya sudah melakukan rapat pengurus yang dihadiri Sekretaris FAJI Sumut Elwin Reza Pahlevi, Kabid Komisi Disiplin Samsudin Tarigan, Kabid Organisasi Lukman Nurhakim, Bidang Binpres Jultri Saragih, Bidang Rescue Jummy Ginting, dan Kabid Humas FAJI Sumut Fakhrur Rozi, untuk persiapan Selekda PON FAJI 2022 pada Agustus mendatang. Dia mengatakan, proses pencarian bakat atlet terus berjalan bersama proses selekda. 



“Artinya hasil selekda menjadi acuan untuk atlet yang akan masuk ke Pelatda, tapi mereka bisa saja digeser jika hasil evaluasi tidak menunjukkan performa. Dan yang akan mengisi adalah atlet yang diperoleh dari proses talent scouting. Ini adalah upaya kita membangun kompetisi yang sehat di kalangan atlet kita,” ujarnya.


Selekda di Pusdiklat Arung Jeram

Sekretaris FAJI Sumut Elwin Reza mengatakan, Selekda PON FAJI 2022 akan diikuti oleh Pengcab FAJI yang ada di 12 kab/kota.  Proses selekda akan dilakukan di Pudiklat Arung Jeram Sumut di Sungai Buaya Deliserdang pada 22 Agustus 2022 sampai 25 Agustus 2022. 


“Dari pendataan kami, selekda akan diikuti 73 tim dari kategori R4 putra/putri, R6 putra/putri dan mix R4/R6. Atlet yang bertanding di selekda dalam rentang usia 18-24 tahun. Untuk Pelatda sendiri akan dimulai pada Januari 2023. Kita menjaring 24 atlet untuk Pelatda PON 2024,” bebernya.


Diketahui R4 merupakan istilah untuk perahu jeram dengan 4 orang pengarung, R6 dengan 6 orang pengarung. Mereka akan berlaga di kelas Sprint, Head to Head, Slalom, Down River Race.


Dia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan peningkatan kapasitas dari pelatih-pelatih yang ada di Pengprov FAJI Sumut. Pelatih teknik dan pelatih fisik yang ada, terus dimaksimalkan untuk menggenjot kualitas atlet arung jeram Sumut yang akan berlaga di PON 2024.(Reza Sahab)


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama