Ganjar Apresiasi Strategi Bupati/Wali Kota Dalam Pemulihan Ekonomi

MAGELANG, suarapembaharuan.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi strategi kepada bupati dan wali kota di Jawa Tengah dalam mempercepat pemulihan ekonomi.


Ist

Apresiasi itu disampaikan Ganjar kepada para pemangku wilayah aglomerasi Purwomanggung (Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kota Magelang).


Kemudian Subosukowonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Klaten). Bahkan, program Satu OPD Satu Desa Dampingan, direplikasi daerah tingkat dua, untuk menekan kemiskinan.


Hal itu dikatakan Ganjar, seusai memimpin Musrenbangwil Purwomanggung dan Subosukowonosraten, di Pendapa Kabupaten Magelang, Rabu (21/4/2022). 


Menurutnya, penting bagi daerah menyusun langkah perbaikan ekonomi seiring membaiknya situasi Covid-19.


“Rata-rata bicara bagaimana mengurangi pengeluaran masyarakat dengan intervensi, seperti bansos, sekolah dan kesehatan gratis, pemberian subsidi bunga dan pelatihan usaha. Dengan situasi ini, senanglah saya melihatnya. Teman-teman sudah siap,” kata Ganjar.


Dia melihat, strategi itu linier dengan perintah Presiden RI Joko Widodo untuk mengurangi angka kemiskinan. Sektor UMKM pun tak lepas dari sorotan. Ganjar menyebut, perhatian terhadap usaha kecil dan menengah, memberi kontribusi besar pada pemulihan ekonomi.


“Sebanyak 40 persen dari APBD bisa mengungkit ekonomi, dengan cara kita menjadi off taker produk rakyat. Oleh karena itu yang belum ikut Aplikasi Si  Blangkon, segera ikut,” imbuhnya.


Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, pihaknya mereplikasi program Pemprov Jateng yakni Satu OPD Satu Desa Dampingan. Hal itu dilakukan dengan pendampingan di Desa Jabung, Kecamatan Plupuh.


Pendampingan dilakukan dengan assessment berdasarkan kebutuhan infrastruktur yang belum  cukup. Selain itu, jumlah orang miskin di desa tersebut juga menjadi pertimbangan.


Pemberdayaan dilakukan dengan menggandeng Baznas atau badan zakat lain, serta dana tanggung jawab perusahaan.


“Kami mereplikasi apa yang dilakukan provinsi, karena memiliki daerah binaan di tempat kami,” ujarnya.


Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memilih menggenjot pembangunan infrastruktur dan menghelat acara yang mendatangkan pelancong.


Di antaranya pembangunan elevated rail Simpang Joglo dan revitalisasi Taman Balekambang.


“Atas bantuan Pak Gubernur, lahan di taman Balekambang bisa diperluas, dan ke depan akan jadi pusat kebudayaan Jawa. Bulan Agustus ada konser Dream Theater di Solo,” pungkas Gibran.


Kategori : News

Editor     : RAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama