Musa Rajekshah Ajak Generasi Muda Melek Berwirausaha

MEDAN, suarapembaharuan.com - Hadiri Onboarding Talenta Wirausaha Bank Syariah Indonesia (BSI) di Universitas Sumatera Utara (USU), Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan apresiasinya terhadap program kompetisi Talenta Wirausaha BSI.


Wagub Sumut Musa Rajekshah (ist).

"Saya sangat senang program ini membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus membuka mata para generasi muda, khususnya mahasiswa-mahasiswi untuk mau berwirausaha sejak dini. Sebelum tamat mereka sudah punya usaha dan bisa mengisi kekosongan waktunya," ujar Ijeck, sapaan Wagub Sumut, pada acara Onboarding Talenta Wirausaha di Aula Fakultas Ekonomi USU, baru - baru ini.

 

Hadir dalam acara Regional CEO BSI Ahmad Widodo, Rektor USU Muryanto Amin, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Panji Wibisana, Group Head SME BSI Dedy Suryadi Dharmawan, Group Head Micro BSI Mohammad Isnaeni, Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis USU Fadli, Ketua BPC HIPMI Palacetha Subies Subianto, pelaku usaha UMKM dan mahasiswa.

 

Ijeck dalam kesempatan itu menyampaikan ke depan generasi diharapkan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki kemampuan entrepreneur yang baik, sebab entrepreneur menjadi faktor penting dalam pembentukan kemajuan suatu negara.

 

"Menjadi entrepreneur mulai dini penting, sehingga mahasiswa gak semata-mata tamat kuliah baru mencari pekerjaan, karena akan membuang waktu. Selagi bisa, mulai dari sekarang untuk kehidupan yang lebih baik ke depan," ujar Ijeck.

 

Sementara itu, Regional CEO BSI Ahmad Widodo mengatakan Talenta Wirausaha BSI yang menyasar milenial di Indonesia ini melalui empat tahapan, di antaranya on boarding berupa talkshow seperti yang terselenggara di USU ini.

 

"Tahap berikutnya penyaringan kemudian nanti ada workshop termasuk juga pelatihan dan pendampingan dan kemudian awarding malam puncak penjurian dan penganugerahan kepada talenta wirausaha muda terbaik Indonesia, dan partnership berupa kesempatan bagi wirausaha muda untuk bermitra dengan Bank Syariah Indonesia," katanya.

 

Talenta Wirausaha BSI merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya (scale up) sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan. "Intinya kami berharap wirausaha muda ini berkembang," katanya.

 

Rektor USU Muryanto Amin menambahkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan BSI dan mengaku juga telah melakukan upaya untuk mendorong wirausaha muda ini dengan mulai di ruang kelas. 


"Mulai dari ruang kelas, dari mata kuliah, dan kita kasih insentif ke mahasiswa biar mereka semangat, misalnya mereka tidak ada lagi UTS, tidak lagi skripsi kalau mereka bisa punya produk inovasi yang bisa dijual dan diminati masyarakat. Baru kedua kita undanglah para financial preneur untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, itu yang sudah kita lakukan," tutupnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama