Link Banner

Peringati Hari Bumi, Asian Agri Ajak Masyarakat Tanam Pohon

JAMBI, suarapembaharuan.com – Dalam rangka memperingati Hari Bumi, PT Inti Indosawit Subur (IIS) melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan di lingkungan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 173 Tanjung Benanak, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.


Ist

Aksi penghijauan tersebut berlangsung, Rabu, 20 April 2022, sebagai wujud kepedulian perusahaan perkebunan kelapa sawit unit bisnis Asian Agri, sekaligus mengedukasi para siswa sekolah untuk gemar menanam pohon guna kelestarian bumi.


Turut hadir Manager Replanting PT IIS Group Kebun Tungkal Ulu, Parlindungan Pardosi; Manager SSL Plant 3 AA Jambi, Liharman Purba; Askep CSV Plant 3 AA Jambi Nirwan Ginting; Kepala Desa Tanjung Benanak, Bambang Purwanto; Koordinator CSR P3 Asian Agri, Rudy Jasthon S; Humas PT IIS Group Kebun Tungkal Ulu, Joko Rianto; Asisten Afdeling 2  PT IIS Kebun Plasma Tungkal Ulu, Junaedi dan Nahari,  Nina, Nurul, Asnawati yang merupakan para guru maupun siswa SDN 173.


Parlindungan Pardosi selaku Manager Replanting PT IIS Group Kebun Tungkal Ulu memotivasi bahwa penanaman bibit Pohon adalah salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.


"Dalam rangka menyambut Hari Bumi, 22 April, maka pada hari ini kita melakukan penanaman pohon yang bertujuan menjaga kelestarian alam, bahkan meningkatkan kadar oksigen di bumi. Disamping itu, dari kegiatan program penanaman pohon buah-buahan ini, kedepan kita bisa mendapatkan hasil tanaman berupa buah-buahan yang dapat dikonsumsi menjadi tambahan nutrisi tubuh manusia," sebutnya.


Perusahaan PT Inti Indosawit Subur, Kebun Tungkal Ulu, mengajak warga Desa Ring-1 Desa Tanjung Benanak dan juga para generasi milenial untuk bersama-sama melestarikan lingkungan sekaligus menjaga keasrian. 


Perlindungan Pardosi mengungkapkan, sebelumnya Kades dengan warga dan tokoh masyarakat mengajak perusahaan untuk terlibat dalam aksi penghijauan. 


"Dan ajakan positif direalisasikan perusahaan dengan aksi penanaman bibit pohon buah-buahan. Ada 7 jenis bibit kita sediakan, antara lain Sawo Cangkok, Jambu Madu, Rambutan, Mangga, Sirsak, Jeruk Manis dan Alpokat," ujarnya.


Untuk tahap pertama ini akan ditanam di areal sekolah, kemudian dilanjutkan sekitar masjid, lapangan olahraga, lingkungan PAUD, Madrasah dan pekarangan rumah warga Desa Tanjung Benanak. 


"Kami mengharapkan agar bibit pohon ini ditanam dan benar-benar dijaga serta dipelihara, agar hasilnya dapat kita nikmati," ucapnya.


Perusahaan berharap, aksi penanaman bibit pohon di SD N173 Tanjung Benanak, agar ditiru oleh murid-murid untuk mencintai kehidupan pohon dan yang terpenting dapat memelihara sehingga berbuah.


Liharman Purba selaku Manager SSL  Asian Agri Regional Jambi mengharapkan, bantuan perusahaan melalui program CSR tahun 2022 ini bisa bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan Desa Tanjung Benanak.


"Kita harapkan desa-desa lain juga akan mengikuti langkah ini secara bertahap. Melalui program ini tercipta desa yang asri, hijau, nyaman dan lingkungan yang lestari," jelasnya.


Bambang Purwanto, Kepala Desa Tanjung Benanak mengucapkan terima kasih kepada PT IIS Kebun Tungkal Ulu yang telah memberikan bantuan bibit pohon jenis buah-buahan. 


"Kami akan menanam bibit pohon ini di areal Sekolah, Mesjid, Lapangan Olahraga, PAUD, Madrasah dan pekarangan rumah warga. Kami akan menjaga dan memelihara pohon-pohon tersebut hingga tumbuh dan menghasilkan buah-buahan," cetusnya. 


Sekilas Asian Agri

Asian Agri merupakan salah satu perusahaan swasta nasional terkemuka di Indonesia yang memproduksi minyak sawit mentah (CPO) sejak tahun 1979. Hingga kini Asian Agri mengelola 100.000 hektar kebun kelapa sawit dan mempekerjakan 25.000 orang.


Sebagai perintis program Pemerintah Indonesia Perkebunan Inti Rakyat Transmigrasi (PIR-Trans), Asian Agri telah bermitra dengan 30.000 petani plasma di Riau dan Jambi yang mengelola 60.000 hektar kebun kelapa sawit, serta membina kemitraan dengan petani swadaya untuk membawa dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi petani.


Dengan menerapkan kebijakan tanpa bakar dan praktik pengelolaan kebun secara berkelanjutan, Asian Agri membantu petani mitra untuk meningkatkan produktivitas, hasil panen, kemamputelusuran rantai pasok, sekaligus mendukung mereka memperoleh sertifikasi. 


Pabrik Asian Agri menerapkan teknologi terbaik memanfaatkan energi hijau yang dihasilkan secara mandiri, dalam rangka meminimalisasi emisi gas rumah kaca.


Lebih dari 86% dari perkebunan inti Asian Agri di Provinsi Sumatera Utara, Riau & Jambi serta 100% perkebunan petani plasma di Provinsi Riau & Jambi telah bersertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil). 


Pada saat yang sama, ISCC (International Sustainability & Carbon Certification) telah dicapai oleh seluruh kebun baik yang dimiliki oleh Asian Agri maupun petani binaannya. Seluruh unit bisnis dalam naungan Asian Agri telah memperoleh sertifikat ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil).


Keberhasilan Asian Agri menjadi salah satu perusahaan produsen CPO terkemuka telah diakui secara internasional dengan sertifikasi ISO 14001 untuk semua operasinya. Learning Institute di Pelalawan, Riau, serta pusat pembibitan di Kampar, Riau, juga telah bersertifikat ISO 9001. 


Selain itu, pusat penelitian dan pengembangan Asian Agri di Tebing Tinggi juga telah memperoleh sertifikasi oleh International Plant - Analytical Exchange di lab WEPAL di Wageningen University di Belanda, untuk standar yang tinggi.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama