Gubernur Akmil Hadiri Pembukaan Latsitardanus XLII/2022 di Mataram

MATARAM, suarapembaharuan.com - Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko menghadiri Upacara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLII/2022 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Jalan Pejanggik No.12, Pejanggik, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (14/5/2022).


Ist

Bertindak sebagai  Inspektur Upacara (Irup) pada upacara pembukaan Latsitardanus XLII adalah Panglima TNI Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa dan Komandan Upacara (Danup) Kolonel Inf Franz Yohanes Purba, Wadan Mentar Akmil.


Dalam amanatnya, Panglima TNI Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa menjelaskan, bahwa latihan ini adalah latihan terintegrasi mulai dari pembukaan hari ini sudah mulai campur dari semua unsur antara lain AD, AL, AU, Akpol, IPDN, dan mahasiswa selama 25 hari kedepan.


"Adik-adik bukan hanya akan melakukan Karya Bhakti tetapi yang terutama adalah kegiatan latihan terintegrasi dengan tujuan suatu saat 15 sampai dengan 20 tahun kedepan masing-masing unsur akan menjadi pemangku kebijakan di masing-masing daerah/Forkopimda," kata Panglima TNI.


Panglima TNI selaku Irup berpesan kepada peserta Latsitardanus bahwa para pejabat Forkopimda mulai dari Gubernur, Kapolda Pangdam, Ketua DPRD NTB, Kajati, Dandim, dan Kapolres yang saat ini menjabat, dulunya juga berasal dari unsur Akademi TNI/Akpol, IPDN, dan Mahasiswa.


"Hal ini harus menjadi motivasi bagi adik-adik peserta Latsitardanus XLII/tahun 2022 untuk berbuat yang terbaik, sehingga hal tersebut menjadi faktor penting dalam kegiatan latihan terintegrasi ini," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.


Kemudian, kata Panglima TNI, gunakan waktu kebersamaan selama 1 bulan kedepan untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan semua unsur peserta.


"Selesai dari Latsitardanus sampai 11 Juni harus sudah punya nomor handphone masing-masing peserta. Ini menjadi bentuk awal integrasi kita untuk masa depan," katanya.


Komando Latsitardanus XLII tahun 2022 yang terdiri dari Satuan Latihan (Satlat)-1 Macan, Satlat-2 Hiu, Satlat-3 Elang, dan Satlat-4 Kijang akan melaksanakan kegiatan terintegrasi selama 1 bulan di wilayah Prov. NTB.


Diantaranya dalam bentuk pemberian materi latihan dengan sasaran tujuan materi sasaran Fisik antara lain berupa karya bhakti fasilitas umum, perbaikan rumah ibadah, Poskamling, Posyandu, RTLH,dan pembersihan saluran Irigasi/Drenase dan lain-lain.


Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 14 Mei - 11 Juni 2022 adalah di 4 Kabupaten antara lain Kab. Lobar, KLU, Kab. Loteng, dan Kab. Lotim dengan jumlah peserta sekitar 1.193 orang terdiri dari Taruna Akademi TNI, Akpol, Praja IPDN, dan Mahasiswa serta didampingi oleh Dosen Pembimbing. (ES)


Kategori : News

Editor     : EBS


Lebih baru Lebih lama