Latsitarda Nusantara XLII/2022 Menuju NTB Gemilang

LOMBOK UTARA, suarapembaharuan.com - Gubernur Akademi Militer (Akmil), Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko didamping Komandan Latihan Latsitardanus XLII/2022, Kolonel Inf Franz Yohanes Purba, berangkat ke jajaran Satlat Macan.


Ist

Kegiatan ini dalam rangka meninjau kesiapan Kolat dan Sasaran Fisik Satlat 1/ Macan Dusun Tanaksong, Desa Jenggala, Kabupaten Lombok Utara, Senin (16/5/2022). 


Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Kabupaten Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu beserta jajaran dalam rangka Latsitarda Nusantara XLII/2022 yang merupakan salah satu kegiatan akademik Taruna Akademi TNI (Akmil, AAL, dan AAU) dan Taruna Akpol tingkat akhir. 


Dalam kunjungan tersebut Gubernur Akmil menyampaikan, kegiatan Latsitarda Nusantara ini adalah tugas akhir yang wajib harus dipenuhi oleh para Taruna, mengingat latihan ini sebagai salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan Taruna sebelum para Taruna dilantik menjadi seorang perwira TNI-Polri melalui upacara Prasetya Perwira atau Praspa TNI-Polri oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan Juli 2022 mendatang. 


Lebih lanjut Gubernur Akmil menekankan, bahwa pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun 2022 ini adalah yang ke-42, yang dilaksanakan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 


Gubernur menambahkan, maksud dan tujuan pelaksanaan Latsitarda Nusantara adalah dalam rangka memberikan kesempatan kepada para Taruna untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapat selama di pendidikan untuk selanjutnya didarma baktikan di luar Akademi masing-masing.


Selain sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan, Latsitarda Nusantara juga sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan kehidupan pasca pandemi Covid-19 seperti saat ini.


Juga kegiatan Latsitarda Nusantara tahun 2022 ini sebagai salah satu bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu berupa kegiatan “Pengabdian kepada Masyarakat” dari Taruna Akademi TNI-Taruna Akpol. 


Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat oleh Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol melalui Latsitarda Nutantara ke-42 ini adalah tuntutan dari ketentuan standar nasional pendidikan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi, termasuk Akademi TNI dan Akpol. 


Pada pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun ini tema yang diangkat adalah “Latsitarda Nusantara XLII/2022 Menuju NTB Gemilang”. 


Latsitarda Nusantara akan berlangsung dari tanggal 14 Mei sampai dengan 11 Juni 2022 di wilayah pulau Lombok yang diiukti oleh 1.197 orang, terdiri dari 229 pendukung (pengasuh dan pelatih, dosen pembimbing, pendukung dari Akademi TNI), Taruna Akmil 287, AAL 106, AAU 108, Akpol 246, 100 Praja IPDN, serta 100 mahasiswa dari wilayah NTB. 


Sedangkan daerah sasaran pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun 2022 ini adalah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Barat. (ES)


Kategori : News

Editor     : EBS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama