Menteri BUMN Kunjungi Kampung Pemuda HKBP Jetun Silangit

TARUTUNG, suarapembaharuan.com - Menteri BUMN Erick mengunjungi Perkampungan Pemuda HKBP Jetun, Silangit, Kamis, (19/5/2022) disambut Sekjen HKBP Pdt Dr Viktor Tambunan, tokoh masyarakat Sumut yang juga Ketua Umum DPP Nusantara Untuk Jokowi, Dr RE Nainggolan, Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Sinaga, MTh,  serta para pegiat UMKM di Tapanuli Utara.


Ist

Erick Thohir dan rombongan mendapat sambutan sangat antuias sejak kedatangannya di Bandara Silangit, dan langsung diselempangkan ulos khas Batak.


Saat menyampaikan pemaparannya, Erick Thohir kembali menegaskan komitmen pemerintah mendorong majunya sektor UMKM dengan produk lokal unggulan. Rencana ini bagian dari upaya membentuk ekosistem perekonomian guna mengejar target Indonesia menjadi empat negara terbesar secara ekonomi di dunia pada 2045.


Erick Thohir memaparkan, di saat dunia masih terpuruk pasca-pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia justru bisa stabil dan bisa di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global.


“Perekonomian Indonesia saat ini berada di angka 5,01 persen, sama dengan nilai di kuartal keempat pada tahun 2021. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2022 stabil dan sama dengan kuartal keempat pada 2021, yaitu 5,01 persen. Ini luar biasa, salah satu yang terbaik di dunia saat ini,” ujarnya disambut aplaus hadirin.


Dia menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa negara lain, termasuk yang ekonominya dikenal paling kuat, seperti China yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,8 persen, Singapura 3,4 persen, Korea 3,07 persen, dan Amerika Serikat 4,29 persen.


"Indonesia memiliki berbagai keunggulan termasuk kekuatan secara geografis yang dapat meningkatkan perekonomian, namun selama ini, banyak pihak yang terjebak dan tidak fokus pada kekuatan ekonomi di Indonesia seperti industri pariwisata yang fokus pada wisatawan asing," kata Erick.


Agar pasar dan kekuatan lokal itu bisa dioptimalkan, dibutuhkan ekosistem ekonomi tersendiri salah satunya dengan memaksimalkan UMKM dengan produk unggulan yang dapat bersaing di semua pasar termasuk mancanegara. “Kalau sudah masuk pasar kelas dunia, kita tidak boleh lagi main-main soal kualitas,” katanya.


Namun upaya tersebut, katanya, membutuhkan kerja sama berbagai pihak mulai dari pusat hingga daerah, sehingga target menjadikan Indonesia, sebagai negara posisi keempat terbesar di dunia secara ekonomi, dapat tercapai. 


"BUMN akan mendukung UMKM untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, mulai dari pembinaan hingga permodalan. Namun harus ada kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan peningkatan ekonomi," katanya.


Dalam kunjungan tersebut, Erick Thohir juga melakukan penanaman pohon di lingkungan Perkampungan Pemuda HKBP Jetun, Silangit.


Rangkaian Kunjungan

Erick berada di Sumatera Utara dalam rangkaian kunjungan selama dua hari ini. Jumat besok (20/5/2022), Erick akan memberikan kuliah umum di Universitas Prima Indonesia, dan berbicara di depan Rapat Kerja Nasional II, Nusantara Untuk Jokowi (N4J) di Auditorium Unpri, Jalan Sampul, Medan.


“Beliau sosok muda yang luar biasa, sudah membuktikan kiprahnya di kelas dunia. Kita optimis, dengan keberadaan sosok yang dengan visi dan dedikasi yang hebat, tekad menuju Indonesia Maju dan Indonesia Emas yang sudah dimulai dengan sangat baik oleh Pak Jokowi, bisa terus berlanjut dan terwujud,” kata RE Nainggolan saat diminta tanggapannya di sela acara.


Selain para pengurus dan pemuda HKBP, pelaku UMKM, acara tersebut juga dihadiri para pengurus DPP N4J di antaranya drg Annita yang juga pengurus Yayasan Surya Kebenaran Iternasional, John Eron Lumban Gaol, SE, Ir Ronald Naibaho, dan Jadi Pane, SPd, MM.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama