Musa Rajekshah Tepungtawari Calon Haji Tebingtinggi

TEBINGTINGGI, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri Halalbihalal Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)  Sumut, sekaligus menepungtawari 56 calon jemaah haji dari Kota Tebingtinggi di Masjid Agung Tebingtinggi, Minggu (15/5/2022).


Ist

"Halalbihalal hari ini, IPHI Tebingtinggi menjadi tuan rumah sekaligus kita mendoakan calon jemaah haji Kota Tebingtinggi yang akan diberangkatkan dalam waktu dekat ini. Alhamdulillah, bersyukur kita karena saat ini sudah diperbolehkan bagi jemaah dari Indonesia untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Kita tahu sudah dua tahun ini kita tak bisa berangkat ke Tanah Suci baik umroh dan haji, tapi Alhamdulillah, sekarang sudah diizinkan," ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah yang juga Ketua IPHI Sumut ini.

 

Lanjut Ijeck, banyak yang berharap bisa berangkat naik haji dengan kuota terbatas yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi saat ini karena masih dalam suasana pandemi. Untuk itu, Ijeck meminta kepada jemaah yang akan berangkat agar banyak bersyukur dan memanfaatkan kesempatan naik haji dengan sebaik mungkin, agar menjadi haji yang mabrur.

 

"Meski terbatas, tetap harus kita syukuri karena tahun ini jemaah haji Indonesia bisa berangkat ke Tanah Suci. Persiapkan diri dengan baik. Insya Allah, Allah lindungi kita, selamat berangkat dan selamat pulang jadi haji mabrur. Beruntung sekian banyaknya orang yang mau berangkat,  tak semua bisa berangkat, dari Tebingtinggi ini 56 orang bisa berangkat bersyukurlah," ujarnya,sembari menyampaikan yang bisa berangkat hanya jemaah yang berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per 30 Juni 2022, serta sudah vaksinasi Covid-19.

 

Dalam kesempatan itu, Ia juga berharap IPHI di Kabupaten/Kota bisa berperan aktif membantu para calon jemaah haji terkait informasi dan lainnya agar perjalanan ibadahnya berjalan lancar. "IPHI Sumut juga akan menyusun sejumlah agenda ke depan," ujar Ijeck.

 

Ijeck juga mengucapkan terima kasih kepada IPHI Kota Tebingtinggi yang telah mau menjadi tuan rumah dalam acara halalbihalal IPHI Sumut tahun ini. Hal sama juga disampaikan kepada Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan yang telah banyak membantu umat. 

 

"Bapak Umat ini akan selesai masa jabatannya, masyarakat pasti akan merindukan sosoknya yang peduli dengan umat, dekat dengan BKM bahkan sampai mengadakan pertemuan BKM tiap bulan, ini bisa dicontoh daerah lain," ujarnya.

 

Sementara itu, Walikota Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, tepung tawar haji ini bukan satu syarat untuk berangkat haji, tapi hanya sekadar menjadi budaya. "Ini cuma sekadar budaya yang dilakukan untuk wadah silaturahmi juga untuk mendoakan jemaah agar lancar dalam ibadah," katanya. 

 

Lanjutnya, tahun ini Kota Tebingtinggi belum mendapatkan kuota untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). "Sayangnya TPAD kita belum ada tahun ini karena kuota kita kalah besar dari daerah lain. Jadi hanya ada satu pendamping kesehatan, jadi ada 56 peserta ditambah satu petugas kesehatannya," tutupnya.

 

Hadir dalam acara, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Anggota DPRD Sumut Doddy Tahir, Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution, Wakil Ketua MUI Sumut Ardiansyah.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama