Polda Sumut Periksa Urine Kru Angkutan Lebaran

MEDAN, suarapembaharuan.com - Polda Sumut melaksanakan pemeriksaan urine terhadap awak dan kru angkutan udara, selain angkutan darat dan laut dalam rangka Operasi (Ops) Ketupat Toba 2022.


Ist

Pemeriksaan itu sebagai upaya mencegah peredaran narkoba serta mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan tindak penyalahgunaan narkotika.


Seperti pemeriksaan angkutan udara, Tim Dit Res Narkoba Polda Sumut melakukan cek urine terhadap awak dan kru pesawat di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang.


“Pilot, pramugari yang mau terbang kita lakukan tes urine. Langkah ini untuk mengantisipasi kecelakaan pesawat disebabkan pengaruh narkoba,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Wisnu Adji, Sabtu (30/4/2022).


Wisnu juga meminta kepada petugas kargo untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengiriman barang serta bawaan penumpang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba saat arus mudik lebaran.


“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tes urine terhadap angkutan ini untuk memastikan awak dan kru tidak ada yang mengonsumsi narkotika. Ini untuk menjaga keselamatan penumpang dari human error,” sebutnya.


Wisnu menambahkan, terhadap kru dan awak angkutan darat, laut, udara yang positif mengonsumsi narkoba akan dilakukan assesment (rehabilitasi).


“Tes urine ini akan terus digelar Dit Res Narkoba Polda Sumut selama libur lebaran Idul Fitri dalam mencegah tindak penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Sumatera Utara,” pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AAS


Lebih baru Lebih lama