Bakamla RI Bersama Australia Bahas Hukum Laut

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Ajang latihan dengan tajuk Maritime Security Desktop Exercie (MSDE) yang berlangsung ke sebelas kalinya ini, telah resmi dibuka oleh Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa yang mewakili Kepala Bakamla RI, di Jakarta Pusat, Rabu (8/6/2022).


Ist

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Kamis (9/6/2022), hari pertama latihan adalah pengantar United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) dilanjutkan pembahasan mendalam mengenai hukum laut langsung dikupas tuntas. 


Sebagai nara sumber para ahli di bidang Hukum Laut dan fasilitator diantaranya Prof. Stuart Kaye selaku Director of the Australian National Centre for Ocean Resources and Security (ANCORS), Universitas Wolongong, Australia, Dr. Leonardo Bernard, Dosen Universitas Wolongong  perwakilan Maritime Border Command Daniel Arnold, Komandan Kolat Koarmada RI Laksma TNI Arief Badrudin, dan Fungsional Diplomat, Direktorat Hukum dan Perjanjian Kewilayahan, Kemlu RI, Ahmad Almaududy Amri.

 

Kegiatan pelatihan internasional yang berlangsung hingga Kamis (9/6) merupakan hasil kerja sama antara Bakamla RI dengan Maritime Border Command (MBC) dan Australia Border Force (ABF). 


Sejumlah negara tetangga hadir baik melalui luring maupun daring, dari 21 negara undangan, 16 negara hadir melalui daring, selain Indonesia adalah Australia, Bahrain, Banglades, Brunei Darussalam, Kamboja, Jepang, Maladewa, Papua Nugini, Flipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Timor Leste, Turki, dan Vietnam. 


Sejumlah peserta hadir diantaranya stakeholder pemerintah Indonesia hadir secara luring.

 

Sebelumnya, Deputy Commander MBC Claire Rees mengucapkan, terima kasih atas antusias yang diberikan kepada acara MSDE di setiap tahunnya. 


"Informasi, materi, dan berbagai pengalaman yang diberikan, merupakan pelajaran yang sangat berarti bagi peserta pelatihan,” ucap Commander Claire Rees.

 

Sementara itu, Steve Scott, Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Australia di Jakarta sangat antusias terhadap kegiatan dan turut mendukung serta bersemangat akan kegiatan ini. 


"Terlebih lagi kegiatan ini memberikan kajian mendalam dalam aspek keamanan dan keselamatan laut, serta Hukum Laut,” ucap Steve Scott dalam sambutannya.

 

Laksda Bakamla Kompiang mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dari MBC, ABF, dan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia yang terus memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Bakamla RI, khususnya dalam penyelenggaraan berbagai pelatihan. 


"Salah satunya pelatihan MSDE ini,” ucap Laksda Bakamla Kompiang. (ES)

 

Kategori : News

Editor     : EBS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama