Edy Rahmayadi Dorong Pengembangan Wisata Religi di Barus

MEDAN, suarapembaharuan.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus mendorong pengembangan kawasan Masjid Raya Barus, Situs Makam Mahligai dan Situs Makam Papan Tinggi, yang berada di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menjadi kawasan segitiga wisata religi sejarah.


Ist

Pengembangan kawasan segitiga wisata religi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Barus dan sekitarnya. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov)  akan  bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng dan Forkopimda.

 

“Saya mau kalau orang datang ke Sumut itu, salah satu tujuannya itu datang ke Barus, jadi ada segitiga wisata nanti, ada Masjid Raya Barus, Situs Makam Mahligai dan Situs Makam Papan Tinggi,” kata Edy Rahmayadi saat memimpin rapat pengembangan tiga kawasan wisata tersebut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Kamis (9/6/2022).

 

Barus merupakan titik nol peradaban Islam di Nusantara. Hal itu merupakan potensi yang harus dikembangkan lebih lanjut. Sehingga nantinya bisa meningkatkan perekonomian Sumut, khususnya Tapteng.

 

“Niat kita baik, datang orang ke sini pariwisata masuk, Penghasilan Asli Daerah (PAD) akan bertambah, rakyat sejahtera,” kata Edy.

 

Selain itu, Edy meminta tetap menggunakan kearifan lokal dalam pengembangan wisata di Barus. Menurutnya, kearifan lokal tidak boleh hilang. Sebab budaya dan kearifan lokal merupakan aset daerah yang berbudaya dan bermartabat.

 

Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Afifi Lubis menyampaikan, Pemprov Sumut berkomitmen memberi perhatian pada sejarah dan situs-situs yang perlu dikembangkan. Pembangunan pariwisata merupakan prioritas Pemprov Sumut yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumut.

 

Dengan potensi nilai sejarah Barus yang besar, maka harus didukung dengan infrastruktur yang baik pula. “Untuk itu, diharapkan ada kolaborasi yang baik antara Pemprov, Pemkab Tapteng dan Forkopimda secara menyeluruh,” kata Afifi.

 

Pemkab Tapteng sangat mendukung niat baik Gubernur dalam pengembangan kawasan wisata di Barus itu. “Kami menyambut baik dukungan Gubernur dalam pengembangan ikon wisata Barus, kami respont positif, kami yakin melalui kerja sama ini akan berjalan dengan baik,” kata Pj Bupati Tapteng Yetti Sembiring, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.


Kategori : News

Editor     : AAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama