Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Nawal Lubis dan Sri Ayu Mihari Bersihkan Sungai Sunggal

MEDAN, suarapembaharuan.com - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis bersama Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari turun langsung membersihkan aliran Sungai Sunggal.


Ist

Pembersihan aliran sungai tersebut antara lain dilakukan dengan menuangkan cairan Eco Enzyme hasil dari fermentasi limbah organik seperti limbah buah dan sayuran. Juga dilakukan penanaman pohon dan penaburan benih ikan di areal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sunggal, Jalan Sunggal Pekan Nomor 1 Medan, Jumat (17/6/2022).

 

Hadir di antaranya Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut Tengku Amri Fadli, Organisasi Wanita Lingkup Forkopimda Sumut, para Penggiat Lingkungan dan kelompok tani.

 

Nawal Lubis mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan harus terus ditingkatkan dengan mengubah pola pikir masyarakat, menumbuhkan kesadaran dan kepedulian akan kerusakan lingkungan. Sebab dari lingkungan manusia memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. “Jika manusia hanya memanfaatkannya tanpa melestarikan, maka lingkungan bisa menjadi rusak yang berdampak bagi manusia itu sendiri,” katanya.

 

Nawal juga mendorong seluruh TP PKK kabupaten/kota untuk terus melakukan sosialisasi melalui kader dasawisma kepada masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan bagi generasi yang akan datang. "Pelestarian lingkungan ada di program pokok PKK, jadi PKK harus turun langsung kelapangan, ke desa-desa, sosialisasikan untuk menjaga bumi karena kita tinggal didalamnya," sebutnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Nawal juga menyerahkan sertifikat penghargaan kepada kelompok tani,  penggiat lingkungan  atas kepeduliannya ikut membantu menjaga pelestarian lingkungan.

 

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas pengolahan air limbah milik PDAM Tirtanadi, agar air limbah dari masyarakat dapat dikelola dengan baik. "Upaya kami bagaimana terus mengingatkan kepada masyarakat untuk mau menjadi pelanggan air limbah, tidak lagi membuang limbah di parit, tetapi disedot dan diolah di istanlasi limbah kami secara berkala," katanya.

 

Sementara selaku pelaksana kegiatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumut Tengku Amri Fadli dalam laporannya menyampaikan peringatan hari lingkungan hidup ini diharapkan menjadi momentum untuk menguatkan komitmen bersama dalam mewujudkan pelestarian lingkungan dengan meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama