Jateng Matangkan Persiapan Asean Para Games 2022

SURAKARTA, suarapembaharuan.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mematangkan diri sebagai tuan rumah ajang ASEAN Para Games (APG) 2022. Berbagai persiapan telah dikoordinasikan dengan beberapa pihak untuk menyukseskan pesta olahraga disabilitas Asia Tenggara ini. 


Ist

"Dalam rakor tadi disampaikan hampir semua sudah siap. Baik dari sisi sarana prasarana, venue, akomodasi yang kaitannya dengan transportasi, kita sudah siap," kata Sekretaris Daerah Jateng, Sumarno, baru - baru ini. 


Rakor lintas sektoral yang dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, selain dihadiri Sekda Jateng Sumarno, juga dihadiri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka serta pejabat terkait. Selain mematangkan persiapan, rapat itu juga membahas penambahan aksesibilitas fasilitas bagi peserta, yang ditargetkan akan selesai sebelum tanggal 15 Juli 2022. 


"Kalau mengenai kendala lebih banyak di bawah kewenangan kementerian. Salah satunya mengenai  jaringan internet di venue-venue belum ada. Sehingga kita meminta kementerian terkait, Telkomsel, dan sebagainya untuk menambahkan," jelasnya. 


Persiapan lain yang tidak kalah penting adalah terkait transit para peserta APG di Bandara Soekarno Hatta Tangerang sebelum lanjut ke Surakarta. Guna mencari solusi persoalan migrasi tersebut, menurut Sekda, perlu keterlibatan kementerian, PT Angkasa Pura serta Kantor Bea Cukai untuk pengurusan perizinan barang-barang perlengkapan bertanding yang dibawa para atlet. 


"Jadi secara keseluruhan sudah siap, tadi juga disampaikan, Pak Menpora optimis kita siap melaksanakan ASEAN Para Games 2022," ujar Sekda. 


Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menjelaskan, Pemprov Jateng telah berkomitmen penuh memberikan dukungan pelaksanaan APG 2022. Bahkan, sekarang ini persiapan sudah berjalan dan diharapkan semuanya berlangsung dengan sukses, baik sukses dalam penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan ekonomi. 


"Kita selesaikan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya agar tidak ada masalah-masalah yang muncul di belakang hari. Sedangkan sukses berikutnya adalah sukses ekonomi, karena kita diharapkan (event) dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Soloraya dan sekitarnya," katanya. 


Setelah diputuskan dalam rapat kabinet terbatas, semua langsung bergerak melaksanakan persiapan dan koordinasi lintas kementerian. Bahkan Kementerian Perhubungan sudah memberikan alat transportasi sesuai kebutuhan peserta yang merupakan penyandang disabilitas. 


APG 2022 akan diselenggarakan di Kota Surakarta pada tanggal 20-31 Juli 2022, akan mempertandingkan 14 cabang olahraga. Yaitu atletik, para renang, bulutangkis, tenis meja, catur, para angkat berat, boccia, blind judo, goalball, tenis kursi roda, panahan, CP football, basket kursi roda, serta voli duduk. 


Dari 14 cabang olahraga tersebut, sebagian besar dilaksanakan di Kota Surakarta. Sedangkan beberapa cabang lainnya akan digelar di Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama