Pengamat : Erick dan Ganjar Mampu Jalani Tugas Presiden Bidang Agraria dan Pemanfaatan Hutan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai mampu menjalankan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang agraria. Utamanya terkait pemanfaatan hutan milik negara, termasuk BUMN dan Perhutani, oleh rakyat.


Ist

Ahli Studi Agraria dan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat dan Ekologis, Noer Fauzi Rachman mengatakan, Jokowi memberi tugas khusus kepada Erick Thohir untuk mengkoordinasi segala usaha untuk peningkatan produktivitas dan perbaikan ekologi tanah negara berupa hak milik kepada kelompok rakyat, dan hutan sosial yang diberikan hak pemanfaatannya kepada kelompok rakyat.


"Menteri BUMN dapat memberi penugasan dan orkestrasi terhadap BUMN-BUMN dalam bidang pembibitan, teknologi pertanian, pengolahan pangan, farmasi hingga kehutanan, untuk bekerja sama (bukan hanya sama-sama kerja)," kata dia dalam keterangannya pada Kamis (9/6/2022).


Menurutnya, Erick dapat membentuk unit Project Manajemen Office (PMO) yang sanggup bekerja cepat dan dengan metodologi yang tepat untuk membangkitkan partisipasi rakyat dengan memanfaatkan pengetahuan, teknologi, dan sumber daya BUMN.


"Misalnya, penyediaan bibit, pupuk, asistensi teknis, skema-skema permodalan, sarana, pendidikan dan latihan, dan sebagainya," katanya.


Selain itu, masyarakat juga tidak mengulang model pembangunan revolusi hijau panca usaha tani yang justru berakibat buruk berupa hilangnya bibit-bibit asli, pengetahuan dan teknologi lokal dalam pembibitan, penanaman, pembuatan pupuk alami, pemeliharaan, pengendalian hama secara biologis, pemanenan hingga pasca panen.


Sementara, Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah dan wakil pemerintah pusat di provinsi, telah ditugaskan untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai wilayah pertama yang paling siap menyongsong dan menjalankan apa yang diorkestrasi oleh unit PMO yang dibentuk Menteri BUMN.


"Tugas ini tidak sulit bagi Erick Thohir lakukan dalam posisi, kewenangan, dan track record kompetensinya sebagai Menteri BUMN. Begitu pula untuk mengawali kerja PMO itu dengan kewenangan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah," pungkas dia.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama