Autopsi Ulang Brigadir Yosua Selesai, Kapolri: Awasi Agar Dapat Dipertanggungjawabkan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat untuk berperan mengawasi proses pengungkapan kasus baku tembak antar anggota Polri yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), beberapa waktu lalu.



"Kami minta semua pihak ikut mengawasi agar transparansi dan akuntabilitas hasil pemeriksaan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik, berjalan lancar, baik, dan memenuhi rasa keadilan," kata Sigit di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu 27 Juli 2022.


Jenderal bintang empat itu menyebutkan Tim Khusus Internal Polri saat ini bekerja untuk mengungkap kebenaran kasus tersebut.


Begitu pula Tim Eksternal Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sesuai tugas dan tanggungjawabnya ikut mengawal proses pengungkapan kasus tersebut.


"Rekan-rekan sudah mengikuti, saat ini Timsus Internal Polri, Kompolnas, dan Komnas HAM sedang bekerja," ujarnya.


Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, apa yang sudah dikerjakan tim disampaikan kepada masyarakat. Karena publik menaruh perhatian khusus kepada kasus ini.


Baru-baru ini, kata dia, semua kegiatan yang dilakukan timsus telah dipresentasikan Komnas HAM terkait apa yang telah didapatkan. Seperti pemeriksaan para ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, termasuk Bharada Richard Elizer (Bharada E) hadir dalam pemeriksaan tersebut, Selasa (26/7).


"Demikian pula hari ini telah dilaksanakan autopsi ulang yang akan disampaikan kepada publik," kata Sigit.


Untuk itu, Sigit meminta partisipasi masyarakat ikut mengawasi apa yang telah dilakukan jajarannya dan menunggu sampai hasil pengungkapan selesai.


"Saya kira kita tunggu hasilnya dan mudah-mudahan semua berjalan dengan baik," kata Sigit.


Kategori : News

Editor     : AAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama