Ganjar Ajak Masyarakat Selalu Gunakan Masker

SEMARANG, suarapembaharuan.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo satu suara dengan perintah Presiden Joko Widodo terkait penggunaan masker di luar ruangan. Menurutnya, memakai masker tidak berat dan tidak perlu diprotes.


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Ist)

Hal itu disampaikan Ganjar usai bertemu perwakilan Kemenag RI, dalam rangka penyampaian kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar-Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) ke 9, di rumah dinasnya, Senin (11/7/2022).


“Saya kira bagus ya (pesan presiden) bagian dari pruden, kita hati-hati betul,” katanya.


Ganjar mengatakan saat ini kegiatan masyarakat mulai menggeliat dan padat. Bahkan beberapa di antaranya melibatkan massa yang cukup banyak.


“Karena banyak aktivitas di masyarakat juga mulai anget, ngregem, yuk bangun kesadaran diri kita untuk selalu pakai masker,” tegasnya.


Mantan anggota DPR RI itu juga menilai menggunakan masker bukan sesuatu yang berat. Sehingga imbauan yang disampaikan Presiden Jokowi tak perlu diprotes.


“Itu sederhana kok. Wong kita udah punya pengalaman tiga tahun, sehingga mestinya sekarang dengan melihat itu kita bisa lebih waspada” ujarnya.


Ganjar mengatakan, virus corona varian BA.4 dan BA.5 yang dikatakan tidak seinfeksius varian lain, namun tetap harus diwaspadai. Kondisi yang melandai seperti saat ini, tidak boleh membuat masyarakat abai terhadap protokol kesehatan.


“Kita tidak boleh abai dan harus hati-hati, pakailah masker. Sebenarnya sesederhana itu saja, dan untuk kesehatan kita sendiri ya mesti semuanya peduli,” ujarnya.


Disinggung soal pembatasan, Ganjar mengatakan langkah tersebut perlu diambil. Pembatasan yang dimaksudnya adalah pengendalian terhadap kegiatan atau acara yang dibuat.


“Kami melihat terus bagaimana kondisi yang terjadi di setiap daerah. Maka kalau masih terkendali seperti ini, ya tidak apa-apa. Tinggal jumlahnya aja dibatasi, terus pakai masker,” tandasnya.


Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan masyarakat untuk tetap menggunakan masker, baik di dalam maupun luar ruangan. Ia mengingatkan bahwa covid-19 masih ada.


“Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semua, Covid-19 masih ada. Oleh sebab itu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker adalah masih sebuah keharusan,” terang Jokowi, seusai melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7/2022).


Kategori : News

Editor     : RAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama