Ganjar dan Atikoh 'Blusukan' ke Sekolah

PURBALINGGA, suarapembaharuan.com – Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, dibuat heboh oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendadak mampir di sekolahnya, Kamis (28/7/2022). Momen tersebut terjadi saat Ganjar sedang olahraga lari pagi keliling Purbalingga bersama istri, Siti Atikoh.


Ist

Memulai lari dari rumahnya di Gang Panca, Ganjar dan Atikoh langsung menyusuri jalan perkampungan di sekitarnya. Keduanya kemudian menuju jalan protokol sampai di Jalan Mayjen Sungkono, Purbalingga, tepat di dekat SMP Negeri 1 Kalimanah. Di sana sejumlah pelajar yang berangkat sekolah menyadari keberadaan Ganjar dan meminta foto bersama.


Antusiasme pelajar itu direspons Ganjar dengan sangat ramah. Ia kemudian mengikuti para pelajar tersebut masuk ke lingkungan sekolah. Sesampainya di halaman sekolah, Ganjar melihat antrean pelajar yang hendak masuk kelas. Mereka melakukan pengecekan suhu dan kedisiplinan termasuk pemakaian masker.


Di situlah kehebohan para pelajar SMPN 1 Kalimanah pecah. Para pelajar yang tadinya sudah berada di dalam kelas, tiba-tiba berhamburan keluar ruangan. Mereka mengerubungi Ganjar untuk berjabat tangan dan foto bersama, sebelum akhirnya perwakilan guru meminta pelajar untuk berkumpul di lapangan untuk mendengarkan motivasi dari Ganjar.


“Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Siapa yang sudah divaksin, siapa yang belum divaksin?” kata Ganjar membuka dialog.


Ganjar kemudian memberikan pesan kepada pelajar, pandemi Covid-19 belum selesai, sehingga disiplin protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Selanjutnya Ganjar berpesan kepada guru agar pelajar diajarkan nilai-nilai kemanusiaan, saling menghormati sesama teman, apa pun golongan, suku, dan agamanya.


“Saya titip kepada guru, ajarkan anak-anak nilai-nilai kemanusiaan. Agar kalau berteman dengan kawan-kawannya dari suku apa pun, golongan dan agama apa pun, mereka bisa berteman dengan baik. Anak-anak berteman yang baik ya, kalau ada temannya sakit ya diantar ke UKS. Kalau ada yang kesusahan dibantu. Lalu kerja sama, belajar bersama,” lanjut Ganjar.


Kebetulan di halaman sekolah tersebut sedang dipersiapkan untuk kegiatan Pramuka. Ganjar yang menyadari hal itu kemudian melemparkan pertanyaan siapa Ketua Kwarda Jateng saat ini. Ternyata tak banyak yang tahu siapa nama Ketua Kwarda Jateng sampai salah seorang pelajar bernama Eka Bayu Ramadani mengangkat tangan dan maju ke depan.


“Ketua Kwarda Jateng itu istri Pak Ganjar. Namanya Ibu Siti Atikoh,” ujar Bayu yang disambut tepuk tangan dari Ganjar dan pelajar lainnya. Bayu pun mendapat hadiah sepeda dari Ganjar Pranowo.


Setelah dari SMPN 1 Kalimanah, Ganjar lanjut berlari dan mampir di SMK YPT 2 Purbalingga dan SMKN 1 Purbalingga. Di dua sekolah tersebut Ganjar sempat menyapa para pelajar yang sudah berada di dalam kelas. Ganjar mengingatkan kepada setiap sekolah vokasi, untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan dan menyesuaikan materi pembelajaran.


“Tolong ya, karena ini kan sekolah vokasi, kalau bisa kerja sama dengan perusahaan. Buat teaching industry, materinya nanti disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan,” pesan Ganjar kepada para guru. 


Kategori : News

Editor     : ZHR


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama