Iduladha 1443 Hijriyah, UISU Kurban 22 Ekor Sapi dan 15 Ekor Kambing

MEDAN, suarapembaharuan.com - Keluarga Besar Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melaksanakan Sholat Iduladha 1443 Hijriyah dan pemotongan hewan qurban, Minggu (10/7/2022), di Mesjid Al Munawarah, Kampus UISU, Jalan SM Raja Medan.


Ist

Pada pelaksanaan Sholat Iduladha 1443 H di Mesjid Al Munawarah Kampus UISU SM Raja, bertindak sebagai imam Al Ustadz Ferdiansyah dan sebagai khatib Al Ustadz Dr. KH. Sabaruddin Bisri, LC, MA.


Dalam khotbah Sholat Iduladha yang mengangkat tema "Berqurban sebagai wujud mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Peduli Sesama" KH. Sabaruddi Bisri menjabarkan ibadah berqurban sendiri bermula saat Nabi Ibrahim AS mendapat perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih anaknya. 


"Tanpa ragu pula Ismail sang anak terkasih merelakan dirinya untuk disembelih dengan dasar kepatuhan nya kepada perintah Allah. Dan Allah mengganti tubuh kecil Ismail dengan seekor kibas sejenis kambing saat Nabi Ibrahim akan menyembelih leher anaknya tersebut," jelasnya.


Ditambahkan KH Sabaruddin Bisri Kisah tersebut tertuang dalam Al Qur'an surah Ash Saffaat 102. "Kepatuhan dan pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Sulaiman AS menjadi teladan bagi seluruh umat Muslim. Kini berqurban merupakan salah satu ibadah yang senantiasa dijalankan oleh umat Islam sebagai bentuk kepatuhan dan dalam melaksanakan syariat yang diperintah oleh Allah SWT," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Sholat Idul Adha 1443 H dan qurban Keluarga Besar UISU, H. Ikrom Helmy Nst, SH, didampingi sekretaris panitia, Zein Zukhuri S.Pd menyampaikan terimakasih kepada seluruh unsur keluarga besar UISU, baik dari Pengurus Yayasan maupun rektorat yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan sholat Idul Adha dan Keikutsertaan dalam berqurban. 


Adapun pemotongan hewan qurban dilaksanakan selama 2 hari, Minggu (10/7) dan Senin (11/7) di tiga lokasi yakni Kampus UISU SM Raja dan Kampus Fakultas Kedokteran UISU di Jalan STM Medan serta di Mesjid Al Najirin Fakultas Pertanian Titi Kuning.


"Tahun ini 1443 H atau 2022 M, terjadi peningkatan dalam jumlah peserta qurban. Tidak kurang dari 22 ekor lembu dan 15 ekor kambing yang akan disembelih," katanya.


"Di kampus UISU Jln SM Raja dilakukan pada hari Senin dengan jumlah hewan yang diqurban 12 ekor lembu dan 10 ekor kambing, sedangkan pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan di kampus kedokteran JLn. STM berjumlah 3 ekor lembu dan selebihnya di mesjid Al Najirin Fak Pertanian Titi Kuning yang dilaksanakan pada hari Minggu. 


"Kami sangat berterimakasih atas dukungan dari keluarga besar UISU," imbuhnya.


Senada dengan Ikrom Helmy, Sekretaris Umum Yayasan UISU, Ir Indra Gunawan, MP dan pengurus yayasan H. Syaiful Jihad, ST yang juga menjadi jemaah dalam sholat Iduladha di Mesjid Al Munawarah, meyampaikan rasa terimakasih kepada panitia sholat Idul Adha dan qurban 1443 H. 


"Insya Allah momentum Iduladha dan qurban ini bisa meningkatkan silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah antara kita semua," pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AAS


Lebih baru Lebih lama