Ketua DPRD Sumut: KSBN Harus Eksis Majukan Kebudayaan Lokal

MEDAN, suarapembaharuan.com - Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting menyambut baik kehadiran Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) di Provinsi Sumut sebagai salah satu leading sector upaya pemajuan kebudayaan.


Ist

"Saya senang sekali KSBN Sumut sudah terbentuk di Sumut. Kami akan dukung sesuai dengan kemampuan dan fungsi yang kami miliki," kata Baskami Ginting, saat menerima audiensi Ketua KSBN Sumut Soekirman dan sejumlah pengurus lainnya, di ruang kerjanya, Jumat, (29/7/2022).


Bersama Soekirman hadir Ketua I KSBN Sumut Datoq Adil Fredy Haberham, dan pengurus KSBN Sumut seperti Julhendri Chaniago, Ria Gurning, Erliza Rizki Firdaus, Herlan Panggabean, Thersia Esti Kirana dan Fakhrur Rozi.


Baskami menyebut, bicara kebudayaan, harus diakui budaya lokal menghadapi tantangan besar saat ini apalagi di masa depan. "Saya harap KSBN harus mengakomodir semua etnis yang ada di Sumut. Dihidupkan semua menjadi satu, Sumatera Utara," ujarnya.


Menurut politisi PDI Perjuangan ini, KSBN  harus diperkuat di Sumut. Kerja-kerja kebudayaan sangat diperlukan di Sumatera Utara yang multikultural. "Kalau bisa seperti yang disampaikan Bang Soekirman, kita gagas Perda Pemajuan Kebudayaan Daerah di Sumut," sebut Baskami.


Ist

Sebelumnya dalam pertemuan itu, Soekirman mengatakan, KSBN Sumut merupakan perpanjangan dari KSBN Pusat. Di mana organisasi ini dibentuk setelah munculnya UU No 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Daerah.


"Kami datang ke sini silaturahmi. Sharing dengan Pak Ketua. Harapan kami ke DPRD membantu KSBN dalam upaya-upaya pemajuan kebudayaan serta mempertahankan kebudayaan lokal Sumatera Utara," bebernya.


Soekirman mengatakan, Perda terkait UU Pemajuan Kebudayaan belum ada di Sumut. Perda ini menjadi penting untuk memastikan pemerintah daerah punya intervensi terhadap eksistensi kebudayaan daerahnya.  


"Mudah-mudahan, Pak Baskami dan DPRD Sumut secara kelembagaan dapat turut bersama KSBN mendorong kemajuan budaya daerah kita," sebutnya.


Datuq Adil juga menyebutkan, dalam kesempatan ini pihaknya mengundang Ketua DPRD Sumut dalam acara pengukuhan KSBN Sumut yang direncanakan di Pantai Labu, Deliserdang. 


"Pengukuhan pada 20 Agustus 2022, dengan konsep ruang terbuka dan pesta rakyat. Lokasinya di Pasar Kamu, Desa Pantai Labu," bebernya.


Julhendri Chaniago, menambahkan, di daerah aksi pemajuan kebudayaan masih gagap. Sumut multikultur tapi belum maksimal dalam konteks pemajuannya. Maka KSBN ingin berkolaborasi dengan semua pihak di Sumut untuk melakukan aksi nyata pemajuan kebudayaan lokal untuk generasi muda dan masa depan peradaban. (rel/red)


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama