Musa Rajekshah Resmikan Vihara Nan Hai Guan Yin di Hari Kelahiran Dewi Kwan Im

DELISERDANG, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara  (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Vihara Nan Hai Guan Yin yang berada di Dusun IV, Desa Rugemuk, Kecamatan Pantailabu, Kabupaten Deliserdang, Minggu (17/7/2022).


Ist

Dalam peresmian itu, Musa Rajekshah berharap selain menjadi tempat ibadah, Vihara Nan Hai Guan Yin ke depannya juga bisa menjadi tempat wisata. "Saya berharap orang yang datang ke sini tidak beribadah saja tapi juga bisa berwisata. Kalau vihara di sini punya penginapan, maka orang yang datang dari luar kota bisa beribadah dan nginap di sini. Kemudian sekalian berwisata di pantai ini. Dengan begitu ekonominya dapat dan masyarakat di sini bisa berkembang," ujarnya.

 

Wagub juga menilai, bangunan vihara sudah sangat mewah dan representatif untuk beribadah. Pemprov Sumut sangat bersyukur semua umat beragama yang ada taat pada ajaran agamanya. Karena bangsa yang besar bukan takut pada aparatnya melainkan takut pada Sang Penciptanya.

 

"Semoga kita menjadi umat yang selalu takut berbuat kesalahan. Karena Pencipta kita melihat apa yang kita lakukan. Mudah-mudahan pengurus dan yayasan tetap menjaga hubungan baik dengan masyarakat menjaga kerukunan umat beragama. Apalagi Sumut tidak pernah terjadi perselihan umat beragama," harap Wagub, sambil meminta masyarakat sekitar memberikan kontribusi terhadap vihara.

 

Kepala Pembimbing Masyarakat Buddha Sumut Budi Sulistyo mengucapkan selamat dan sukses untuk umat Buddha di Pantailabu. Semoga umat Buddha dapat menjalankan aktivitas religiusnya di vihara tersebut. 


Ist

"Jangan jadikan tempat ibadah saja, tetapi vihara ini harus menjadi tempat pendidikan anak-anak belajar agama Buddha  Tak hanya itu, saya juga berharap jadi tempat wisata regilius dan memberikan PAD untuk Sumut," ucapnya.

 

Ketua Yayasan Vihara Nan Hai Guan Yin, Edi Kusuma mengucapkan terima kasih kedatangan Wagub Sumut ke desa tersebut. Apalagi ia mengetahui bahwa Wagub Sumut baru saja pulang dari Singapura dan harus mendadak menghadiri acara tersebut.

 

"Kebetulan ini tanggal 17 Juli 2022 yang merupakan bertepatan hari perayaan ulang tahun Dewi Kwan Im. Hari ini menjadi hari yang sakral dan kami semua di Pantailabu merasa bersyukur Wagub hadir ke tengah-tengah kita. Apalagi beliau baru saja mendarat langsung ke sini. Suatu kehormatan ini," ujar Edi.

 

Ia menjelaskan, vihara ini sudah ada sejak tahun 2010. Vihara ini dikelola oleh Juli dan tidak pernah berpikir vihara tersebut bisa terbangun secantik ini. "Awalnya saya kira tidak sanggup tapi ternyata masyarakat antusias. Sekarang viharanya hampir sempurna. Paling masih kurang satu dua tempat terselesaikan," ucapnya.

 

Di hadapan Wagub Sumut, ia menjelaskan bahwa pembangunan vihara ini swadaya dari masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya. "Semoga persatuan dan kesatuan terwujud dengan baik di sini," ucapnya.

 

Ia juga berharap untuk menjadi destinasi wisata, ada perhatian Pemkab Deliserdang dan Pemprov Sumut untuk memperbaiki 1,2 kilometer jalan menuju ke vihara tersebut. "Didukung Wagub semoga ada perbaikan jalan ke vihara ini," harapnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama