Sandiaga Realisasikan 1,1 Juta Lapangan Kerja di Tengah Pandemi

BLITAR, suarapembaharuan.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno terus menggarap semua potensi desa wisata Indonesia. Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Semen yang terletak di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, ia mengatakan bahwa Kemenparekraf realisasikan penciptaan 1,1 juta lapangan kerja di tengah pandemi.


Foto : Menparekraf Sandiaga Uno menyambangi Desa Wisata Semen di Blitar, Jawa Tengah, salah satu 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022 [istimewa]

"Desa Wisata Semen ini dikerjakan bersama-sama dalam konsep pariwisata berbasis komunitas atau CBT (community based tourism). Dan ini banyak peluangnya untuk menciptakan lapangan kerja. Dan meningkatkan penghasilan, karena kita lihat tadi produk-produk ekonomi kreatif yang sangat beragam,” kata Sandiaga dalam keterangannya Jumat (1/7/2022) pada program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.


Sandi juga menyampaikan terima kasih kepada mitra kolaborasi yang terlibat dalam pengembangan 50 desa wisata. Di antaranya Astra, BCA, BNI, dan Grab. Khusus untuk Desa Wisata Semen akan mengikuti program pembinaan dan pendampingan BCA melalui program Desa Mitra Bakti BCA. 


Sandi menerangkan, tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata saat ini naik sebesar 30 % di saat pandemi. 


"Berarti menunjukkan 1,1 juta lapangan kerja baru yang ingin kita ciptakan masih bisa direalisasikan asal kita tetap menjaga momentum kebangkitan ini,” ungkapnya.


Selain itu, Kemenparekraf juga akan meningkatkan kualitas sinyal komunikasi di desa wisata tersebut yang dinilai belum maksimal.


”Jadi ini nanti akan saya laporkan langsung kepada Pak Menkominfo sehingga melalui programnya Bakti Kominfo akan hadir di Desa Wisata Semen,” ujar Sandi.      


Ia juga mengungkapkan optimismenya terkait potensi Desa Wisata Semen. ”Seperti kita lihat ini kan, hidup semua. Dan terbukti memang pariwisata kita mendapatkan predikat naik 12 peringkat dalam satu tahun,” terangnya.     


Daya Tarik

Desa Wisata Semen memiliki jarak tempuh sekitar 32,3 km dari pusat Kota Blitar atau sekitar 58 menit perjalanan menggunakan mobil. Terletak di antara lereng Gunung Kelud dan lereng Gunung Kawi dengan ketinggian 700 Mdpl. Desa Wisata Semen dikelola oleh para pemuda mengedepankan pariwisata berbasis kearifan lokal. 


Seperti halnya desa wisata yang lain, destinasi wisata di desa itu telah memenuhi standar penilaian tim juri ADWI 2022.


Beberapa daya tarik Desa Wisata Semen antara lain Air Terjun Kucur Watu Air, Kawasan Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad, Puncak Sekawan Kawasan, Seni Langen Beksan dan Jaranan Dor.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama