Irjen Pol Ferdy Sambo Akhirnya Ditahan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Mabes Polri akhirnya buka suara terkait mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, yang diboyong ke Markas Brimob di Kelapa Dua, Sabtu (6/8/2022) malam.



Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo menegaskan, Irjen Pol Ferdy Sambo diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam penanganan tindak pidana meninggalnya Brigadir J.


"Irjen Ferdy Sambo sudah ditempatkan di tempat khusus berdasarkan pemeriksaan 10 saksi dan beberapa bukti. Irsus menetapkan Irjen FS diduga melakukan pelanggaran terkait ketidakprofesionalan dalam olah TKP," tegas Dedi Prasetyo.


Dedi mengungkapkan, 10 orang yang diperiksa sebagai saksi itu, juga menyasar 25 orang dalam rangka proses pembuktian dugaan pelanggaran kode etik dalam penanganan tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat.


Seperti diketahui, kabar menghebohkan beredar dari Mabes Polri. Soalnya, mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, dikabarkan ditangkap pada Sabtu (6/8/2022) sore. 


Laporan penangkapan ini berkaitan dengan kasus penembakan terhadap Brigadir J. Meski belum ada laporan resmi, Ferdy Sambo, diboyong ke Markas Brimob di Kelapa Dua, terkait pelanggaran kode etik.


Kabar mengejutkan ini beredar setelah sebelumnya serombongan pasukan Brimob lengkap dengan senjata dan memakai rompi, mendatangi Gedung Bareskrim Polri, pada Sabtu siang sekitar pukul 13.20 WIB.


Pasukan khusus Polri ini datang dengan mengendarai beberapa kendaraan taktis dan memarkir di halaman tengah Mabes Polri.


Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigadir Jenderal Andi Rian Djajadi menuturkan, kedatangan Brimob untuk pengamanan area Bareskrim. 


"Kehadiran personel Brimob untuk pengamanan Bareskrim, itu atas permintaan resmi Kabareskrim," ujarnya seperti dilansir dari Tempo.co, 6 Agustus 2022.


Tujuan pengamanan ini tidak dijelaskan secara spesifik. Andi memastikan tidak ada kegiatan dalam rangka apapun selain pengamanan.


Setiap personel terlihat mengenakan pakaian loreng hijau, helm, dan rompi antipeluru. Mereka juga dilengkapi dengan senjata laras panjang.


Saat datang, anggota Brimob itu memasuki area Bareskrim yang berada di depan pintu masuk belakang. Kemudian masuk mengakses lift yang berada di sana. 


Sekitar 17.45 WIB, tiga personel Brimob keluar menuju dua kendaraan taktis dan satu mobil bak yang terparkir.


Setelah itu, mereka terpantau keluar dari area Mabes Polri dengan mengendarai kendaraan Brimob yang ada. 


Kategori : News

Editor     : AAS


Lebih baru Lebih lama