Keluarga Besar UISU Gelar Tahsin dan Khataman Al'quran

MEDAN, suarapembaharuan.com - Masih dalam rangkaian memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah, Keluarga Besar Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar Tahsin dan Khataman Al'quran, Sabtu (6/8/2022), di Masjid Jamik Almunawarah, Kampus UISU SM Raja.


Ist

Kegiatan yang masuk dalam Gebyar Muharam Tahun Baru Islam 1444 H Keluarga Besar UISU ini merupakan kegiatan ketiga setelah, kuliah terbuka yang disampaikan Prof. Dr. Maimun Aghsa Lubis dari Malaysia dan pengabdian masyarakat berupa pengobatan dan pengecekan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar UISU yang dilaksanakan pekan lalu.


Ketua Panitia Gebyar Muharam Tahun Baru Islam 1444 H Keluarga Besar UISU, H. Ikrom Helmi Nasution SH, kepada wartawan menjelaskan, Tahsin dan Khataman Al'quran yang dilaksanakan diikuti 68 orang yang sudah bergabung sejak Periode 17 Mei hingga 31 Juli 2022.


"Kita harapkan peserta terus meningkat. Kita menyadari perlunya pendalaman saat membaca Al'quran, sehingga kita menjalin kerjasama dengan Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz, agar bacaan dan lafal para anggota semakin baik," terangnya.


Dijelaskan Helmi, dalam kegiatan yang diagendakan dilakukan rutin 3 bulan sekali ini, panitia juga memberi apresiasi dengan menyediakan balai pulut kuning kepada 3 peserta yang paling banyak menyetorkan bacaan pada kegiatan ini.


"Itu sebagai bentuk apresiasi panitia kepada para peserta," paparnya.


Sementara itu, Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP, memberikan apresiasi tinggi kepada Panitia Gebyar Muharam 1444 Hijriah Keluarga Besar UISU, yang menegaskan komitmennya terus mengembangkan Syiar Islam.


"Saya sangat sependapat dengan apa yang disampaikan panitia bahwa kita harus terus memperbaiki dan memperlancar bacaan dalam melafazkan ayat-ayat suci Alquran," ujarnya.


Ditambahkan Rektor, selain memperlancar bacaan Alquran, kegiatan ini juga mampu membuat bacaan benar secara hukum dan tajwid serta tafsirnya.


"Diharapkan kedepannya bacaan kita akan lebih baik dan benar, serta kegiatan ini tidak hanya menyasar pada Keluarga Besar UISU namun menyebar ke seluruh masyarakat," pungkasnya.


Sedangkan Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Daniel Nst, drg, PhD, Sp.Pros(K), FICD. dalam kesempatan ini mengapresiasi sinergi antara yayasan dengan pihak akademik dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik dalam bentuk pendidikan maupun syiar Islam, untuk kemajuan UISU.


Prof. Ismet mengaku bangga dengan peningkatan jumlah peserta Tahsin yang berjumlah belasan orang di awal pembentukannya Mei 2022 lalu, hingga berkembang menjadi 10 kelompok pembaca Alquran dalam kegiatan Gebyar Muharam 1444 Hijriah Keluarga Besar UISU ini.


"Diharapkan setelah khataman dan doa bersama, persatuan dan kesatuan akan tetap terjaga untuk kemajuan dan menjadikan UISU unggul di masa depan," tutupnya.


Dalam kegiatan ini, pembaca terbanyak adalah Ibu Darlina Tanjung, kedua Prof. M Assad dan ketiga Ibu Roslina Siregar. Selain Tahsin dan Khataman Alquran, acara ini juga diisi pencerahan cara membaca Alquran yang benar dari Santri Tahfidz Maskanul Huffadz.


Terakhir, Sekretaris Panitia Gebyar Muharam Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Zein Zukhuri S.Pd menjelaskan, turut hadir dalam kegiatan ini anggota pengurus yayasan, H. Syaiful Jihad, ST, Ketua Pengawas, H. Sofyan, SH, WR 2, Zufrizal, Ak,Ca, MBA, MAFIS, WR 3, Ahmad Bakhori, ST, MT, WR 4, Andang Suhendi, SE, MA dan seluruh pengurus BKM Mesjid Almunawarah.


Kategori : News

Editor     : PAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama