Tinju Dunia, Oleksandr Usyk Kembali Kalahkan Anthony Joshua

JEDDAH, suarapembaharuan.com - Lewat penampilan taktis, Oleksandr Usyk kembali berhasil mengalahkan Anthony Joshua dalam adu jotos yang digelar di di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (21/8/2022).



Oleksandr Usyk dinyatakan sebagai pemenang sekaligus pemilik 5 sabuk juara. Juri memutuskan kemenangan split decision untuk Usyk atas Anthony Joshua dengan skor 115-113, 116-112, 113-115.


Pertarungan pertama terjadi pada 25 September 2021 di Tottenham Hotspur Stadium, London. Ketika itu, Oleksandr Usyk menang angka mutlak atas Anthony Joshua dalam duel perebutan 4 sabuk juara tinju kelas berat.


Kemenangan itu membuat Usyk merebut sabuk WBA (Super), IBF, WBO, dan IBO yang sebelumnya dipegang Joshua.


Laga kedua Usyk dan Joshua, seperti dikutip dari juqra.net, juga memperebutkan sabuk The Ring yang lowong setelah dilepas Tyson Fury.


Ronde 1, Usyk banyak bergerak dan mengungguli Joshua dalam jab-jab. Namun, AJ juga mendaratkan beberapa pukulan ke tubuh sang juara asal Ukraina.


Ronde 2, Joshua tampak berusaha memperbaiki kesalahannya di pertemuan pertama. Mendesak Usyk dengan postur tubuh yang lebih besar, petinju asal Inggris ini terus mengincar tubuh lawannya.


Ronde 3, Anthony Joshua terus menekan Oleksandr Usyk dengan memanfaatkan perbedaan postur tubuh.


Usyk mengalami kesulitan mendaratkan pukulan yang telak sehingga ronde ini tampaknya kembali dimenangi AJ.


Ronde 4, Usyk bangkit dan bergerak lebih cepat untuk menghindar dari tekanan Joshua. Ronde 5, Oleksandr Usyk semakin menemukan ritme dengan pergerakannya.


Beberapa pukulan kiri berhasil didaratkan oleh mantan juara dunia sejati kelas penjelajah ini yang membuat dia mengambil ronde tersebut.


Ronde 6, pertarungan berjalan semakin seru di mana Joshua berhasil mendesak Usyk ke tali pagar ring.


AJ bisa mendaratkan beberapa pukulan ke arah badan Usyk. Akan tetapi, sang juara bertahan bereaksi dengan memasukkan pukulannya sendiri sambil terus berusaha menghindari power punch Joshua.


Ronde 7, Joshua terus berusaha menekan dengan memanfaatkan tubuhnya yang lebih besar tetapi malah kurang banyak melontarkan pukulan.


Usyk justru sukses melancarkan beberapa kombo yang cukup bagus. Usyk justru sukses melancarkan beberapa kombo yang cukup bagus sambil menghindari pukulan AJ.


Ronde 8, Anthony Joshua sadar dia sudah tertinggal dalam perhitungan poin.


Pemenang medali emas Olimpiade 2012 di kelas berat super ini pun tampil lebih agresif dengan sukses memasukkan sejumlah pukulan ke arah tubuh Usyk.


Ronde 9, Joshua akhirnya berhasil membuat Usyk kelabakan. Pukulan ke arah tubuh dari Joshua tampak membuat Usyk cukup kesakitan.Terdesak ke belakang, kepala Usyk menerima banyak pukulan Joshua.


Ronde 10, Oleksandr Usyk membatalkan comeback Anthony Joshua. Di ronde ini, Usyk balas merepotkan Joshua dengan kombo yang berbahaya.


Joshua harus berjuang keras dengan pukulan counter-nya untuk melepaskan diri dari tekanan Usyk.


Ronde 11, Joshua kembali mengandalkan pukulan ke arah tubuh Usyk. Namun, sang juara bisa banyak mengelak dan balas memasukkan sejumlah pukulan ke arah kepala AJ.


Di ronde 10 dan 11, Oleksandr Usyk tercatat unggul 62-20 atas Anthony Joshua dalam jumlah pukulan yang masuk.


Ronde 12, Usyk kembali mengendalikan pertarungan dan menjinakkan Joshua dalam adu pukul.


Petinju 35 tahun ini mengungguli lawannya untuk menutup pertarungan dengan meyakinkan.


Dengan penampilan superior itu, Usyk sekali lagi dinyatakan menang angka atas Joshua. Di pertarungan pertama, Usyk menang dengan skor 117-112, 116-112, 115-113.


Sekarang kemenangan Usyk didapatkan dengan skor lebih ketat.


Juri memutuskan kemenangan split decision untuk Usyk dengan skor 115-113, 116-112, 113-115.


Oleksandr Usyk masih belum terkalahkan dengan kini mengoleksi rekor 20-0.


Kategori : News

Editor     : YZS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama