Yayasan BUMN Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak dan Perekonomian Nelayan di Anambas

KEPULAUAN RIAU, suarapembaharuan.com- Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meningkatkan kualitas layanan kesehatan, pendidikan dan produktivitas nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).


Foto : Yayasan BUMN bersama Program Relawan Bakti BUMN memberikan beberapa bantuan baik untuk meningkatkan layanan kesehatan, pendidikan dan menunjang produktivitas nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas (Istimewa)

Hal itu diwujudkan lewat Program Relawan Bakti BUMN sebagai inisiasi Kementerian BUMN dalam memberikan kesempatan bagi para pegawai BUMN dari seluruh Indonesia untuk terlibat secara langsung memberikan baktinya membangun Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).


Yayasan BUMN Untuk Indonesia selaku Organisasi Sosial yang memiliki fokus di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal) ditunjuk sebagai salah satu pelaksana pada Program Relawan Bakti BUMN Batch 2 ini. Selain di Kabupaten Kepulauan Anambas, program ini secara bersamaan juga dilaksanakan di lima lokasi lain yaitu Karangasem, Bunaken, Badui, Surakarta dan Way Kambas.


Sebagai wilayah kepulauan yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan, Yayasan BUMN bersama Program Relawan Bakti BUMN hadir dan memberikan beberapa bantuan baik untuk menunjang produktivitas nelayan, meningkatkan layanan kesehatan dan juga pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas.


Pada pembukaan pesta rakyat yang berlokasi di Desa Ladan, Pulau Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrat menyerahkan bantuan kepada Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris. Bantuan yang diberikan berupa satu unit mesin pembuat es dan 40 buah cool box bagi kelompok nelayan, satu unit kapal ambulans laut dan tiga unit oxygen concentrator, dan 30 unit personal computer (PC), empat unit perpustakaan digital, serta beasiswa bagi 60 siswa tingkat SD, SMP dan SMA.


“Mewakili seluruh masyarakat Kepulauan Anambas, saya berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian BUMN, Yayasan BUMN dan peserta Relawan Bakti BUMN atas perhatian, kunjungan dan bantuan-bantuan yang diberikan kepada kami. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya yang tinggal di daerah perbatasan NKRI. Semoga ini dapat menjadi berkah bagi semua,” ujar Abdul dalam keterangannya Rabu (24/8/2022).


Dalam hal pemberian bantuan ini, Yayasan BUMN juga mendapatkan dukungan dari beberapa perusahaan yang diantaranya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), Mind ID, PT Telkomsel dan PT Cikarang Listrindo.


Harjawan Balaningrat menambahkan pihaknya hadir sebagai bentuk nyata BUMN dalam menjalankan pilar corporate social responsibility (CSR) yaitu fokus pada bidang pendidikan, UMKM dan lingkungan.


"Selain itu, diharapkan dengan kedatangan kami ini di bulan Kemerdekaan RI ke-77 th dapat pula memberikan penebalan rasa nasionalisme masyarakat mengingat Kepulauan Anambas merupakan kabupaten terdepan Indonesia yang berhadapan langsung dengan negara lain diantaranya negara Malaysia, Thailand dan Vietnam,” ucap dia.


Perwakilan TJSL Kementerian BUMN, Fachrudin menjelaskan sebanyak 10 orang peserta relawan dari berbagai perusahaan BUMN datang ke Kepulauan Anambas untuk melakukan beberapa kegiatan sosial dengan Tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak dan Perekonomian Nelayan”.


"Relawan ini akan turun langsung dan membantu dalam pengoperasian barang bantuan yang diberikan dan juga memberikan saran masukan dan kegiatan-kegiatan guna meningkatkan ekonomi nelayan dan pendidikan bagi anak,” urai dia.


Pelaksanaan program ini di Kabupaten Kepulauan Anambas berjalan sejak tanggal 12 hingga 17 Agustus 2022 dan dilakukan di 3 Pulau yaitu Palmatak, Tarempa dan Letung.


Menteri BUMN, Erick Thohir juga menyampaikan bahwa program ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi insan BUMN dapat merayakan Hari Kemerdekaan dengan masyarakat.


"Hal ini menjadi bukti bahwa sinergitas antara BUMN dan masyarakat harus terus terjalin erat. Semoga program yang baik ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, serta beliau berharap program ini tidak berhenti di sini dan dapat berlanjut dengan berbagai inovasi ke depan,” pungkas Erick.


Kementerian BUMN bersama seluruh BUMN berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan terus mengimplementasi berbagai program, demi membangun Indonesia untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama