Bukan Abrakadabra, Enceng Gondok Tembus Pasar Asia Hingga Eropa

UNGARAN, suarapembaharuan.com – Enceng gondok bukan lagi sekedar tanaman liar. Tumbuhan air ini ternyata bisa menghasilkan uang. Pasalnya, di tangan pemuda kreatif asal Desa Kesongo,Tuntang, Firman Setyaji, aneka produk kerajinan dari gulma air itu mampu menembus pasar Asia, bahkan Eropa.


Ist

Firman mengaku, dirinya sangat antusias mengenalkan produk kerajinan buatannya ke mancanegara. Setelah mengikuti promosi di Prefecture (Provinsi) Kumamoto di Jepang beberapa waktu lalu, kini berbagai kreasi tas unik hingga sandal cantik dipajang di pameran dagang mode, foot wear, dan aksesori internasional yang digelar IFEMA Madrid, Spanyol. 


Acara Moda En Madrid (Momad) yang digelar 16-18 September itu merupakan salah satu ajang perdagangan internasional penting di Eropa. Di sana dipamerkan koleksi mode terbaru, presentasi jenama baru, tren, dan peluang bisnis.


Disampaikan, dirinya siap melakukan ekspansi dagang aneka produk kerajinan buatannya yang diberi label Bengok Craft ke pasar Eropa. Partisipasi Bengok Craft di IFEMA Madrid, karena dipercaya oleh Indonesian Trade and Promotion Center (ITPC) Barcelona. 


Lembaga itu merupakan perwakilan Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) Indonesia, yang mempercayai mutu produk Bengok Craft dapat bersaing di pasar internasional.


“Keikutsertaan di pameran dagang skala besar di Madrid ini mengindikasikan keinginan dan kemampuan kami bersaing di pasar internasional lewat program ekspor. Tentu kami membutuhkan dukungan dari pemerintah maupun lembaga lainnya agar dapat berhasil,” kata Firman, yang merupakan alumnus jurusan kriminologi Universitas Indonesia.


Di pameran dagang Momad 2022 kali ini, lanjut Firman, ditampilkan aneka produk andalan Bengok Craft. Di antaranya, sandal dengan berbagai model cantik dan menarik. Selain itu ada pula aneka tas dengan jenis dan model yang unik.


Kategori : News

Editor     : AAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama