Mangindar Optimistis Geopark Kaldera Lulus Penilaian Revalidasi dari Unesco

SAMOSIR, suarapembaharuan.com - Ketua Harian Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark (BP- TCUGG), Ir Mangindar Simbolon optimis Toba Caldera Geopark akan lulus penilaian revalidasi pada tahun 2023 mendatang. 


Foto: Prarevalidasi di Geosite Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba. Ist

"Semua pengurus optimis Toba Geopark dapat nilai baik dalam penilaian Assesor Unesco tahun depan, " kata mantan Bupati Samosir ini kepada Suarapembaharuan.com pada Kamis (22/9/2022). 


Berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan pra revalidasi dengan mengunjungi semua geosite yang ada di kawasan Danau Toba dan sudah dimulai sejak Senin 19 September 2022 lalu. Dan, dalam kegiatan pra revalidasi itu, tim melihat langsung kesiapan dan kelayakan geosite hingga personal pengelolanya yang nantinya akan diusulkan ke Unesco.


Tidak itu saja, tim pra revalidasi bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Utara juga melihat berbagai keragaman yang ada di geosite mulai dari keragaman geologi, keragaman hayati dan keragaman budaya hingga pemahaman geopark oleh pengelola geosite. 


Oleh karena itu, untuk semakin memantapkan pra revalidasi, maka BP TCUGG akan menggelar rapat pada Jumat 23 September di Kota Medan dengan melibatkan semua pengelola geosite, semua pengurus termasuk para koordinator bidang.  


"Hasil pra revalidasi akan didiskusikan di Medan dengan melibatkan semua pengurus, koordinator bidang dan pengelola geosite, sehingga revalidasi tahun depan bisa dihadapi dengan baik," tambah Mangindar. 


Informasi yang dihimpun, tim pra revalidasi sendiri dipimpin oleh Hanang Samoedra and Aris bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Utara melalui Kepala Bidang Bina Objek Usaha Pariwisata, Maike M Ritonga. 


Dalam pra revalidasi itu, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Utara juga melakukan survey rencana pemasangan panel informasi yang akan dipasang di geosite hingga pemasangan penunjuk arah di lokasi geosite dengan tujuan memudahkan para wisatawan yang akan datang melihat geosite di Danau Toba. 


Sementara itu, salah satu pengelola geosite, Corry Panjaitan menyampaikan, supaya teman teman pengelola geosite segera menyampaikan keperluan mendasar seperti gapura, panel edukasi, bill board atau sign board terkait geopark. Dan juga jangan lupa menunjukkan dimana lokasi yang tepat untuk titik promosi semuanya. (fra)


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama