Meski Hujan Mengguyur, Sandiaga Tetap Jalani Visitasi di Desa Wisata Pahawang

LAMPUNG, suarapembaharuan.com - Pulau Pahawang menjadi destinasi kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. 


Foto : Menparekraf Sandiaga Uno menyambangi Pulau Pahawang di Pesawaran, Lampung, dalam rangkaian roadshow Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. [istimewa]

Kedatangan Mas Menteri sapaan Sandiaga Uno ke desa yang terletak di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, tersebut dalam rangkaian roadshow Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Ia tetap melakukan visitasi meskipun hujan mengguyur sebagai bukti keseriusan peningkatan ekonomi bangsa.


Desa Wisata Pulau Pahawang memiliki pesona alam bawah laut yang sangat menawan, tidak sedikit wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara ingin menjajal atraksi yang ditawarkan di desa ini, seperti snorkling, diving, explore hutan mangrove, penanaman terumbu karang, dan camping.


Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan program desa wisata Kemenparekraf pada tahun lalu mendapatkan predikat pandemic winner. Karena jumlah kunjungan wisata meningkat 30% berdasarkan big data Kementerian yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pihaknya mengajak sektor dunia usaha dan swasta untuk mengembangkan destinasi desa wisata dan produk ekonomi kreatifnya. 


”Kita harapkan Pulau Pahawang ini menjadi destinasi desa wisata berkelas dunia," ujar Sandiaga dalam keterangannya Senin (12/9/2022).


Dalam kunjungan tersebut, Mas Menteri juga mengunjungi beberapa produk-produk usaha kecil menengah seperti dodol mangrove khas Pulau Pahawang. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau stand pembuatan miniatur kapal pinisi. Selanjutnya meninjau pembuatan suvenir alat tangkap ikan, yang biasa dipakai nelayan untuk menangkap ikan.


Mas Menteri juga berkesempatan ke galeri suvenir Desa Wisata Pulau Pahawang, disusul meninjau produk UMKM dan pengelolaan digital kreatif desa. Ia juga menandatangani prasasti, pemberian plakat dan sertifikat secara simbolis. Selain itu juga ada prosesi penyerahan secara simbolis beasiswa dari Nusadaya Academy kepada perwakilan penerima beasiswa. 


Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona mengapresiasi kedatangan Menparekraf Sandiaga ke Pulau Pahawang karena menjadi motivasi bagi masyarakat setempat. Bahwa Pulau Pahawang sudah dikunjungi Mas Menteri banyak sekali masukan, saran dan perhatian yang diberikan. 


"Insya Alloh ini menjadi salah satu tonggak kemajuan Pulau Pahawang pasca pandemi Covid-19, Pulau Pahawang ini menjadi destinasi unggulan yang bisa mensejahterakan masyarakatnya," urai Dendi


Desa Wisata Pulau Pahawang masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022. Tentu bukan perkara mudah. Mereka telah melalui proses uji standar penilaian tim juri. Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis melalui Desa Mitra Bakti BCA.


Bicara potensi wisata, Desa Wisata Pulau Pahawang memiliki beragam daya tarik. Mulai dari keindahan alam sampai wisata buatan. Desa itu berjarak satu jam dari pusat Kota Lampung. Wisatawan dapat menikmati keindahan destinasi bawah laut, pulau ini terletak di Pesawaran yang memiliki daya tarik laut yang sangat mempesona. Pulau Pahawang memiliki keindahan bawah laut yang sangat menawan.


Eksplor hutan mangrove, menjadi wisata edukasi untuk para wisatawan yang akan berkunjung. Di sini wisatawan dapat ikut berpartisipasi dalam penanaman pohon mangrove dan menjadi kegiatan yang dapat mendukung konservasi ekosistem mangrove yang ada di Pulau Pahawang.


Bicara warisan seni dan budaya, desa tersebut memiliki tari Siger Pengunten. Itu merupakan tarian penyambutan yang sering dilakukan di Lampung khususnya juga di Pulau Pahawang, apabila ada tamu terhormat yang sedang berkunjung. Sedangkan untuk wisata kuliner, pengunjung dapat berburu Dodol Mangrove, Cake Mangrove, Keripik Mongrove, Seruit Sotong, Fresh Singgulan (Bulu Babi) dan ada banyak lagi potensi wisata yang dapat dinikmati para wisatawan.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama