Dekan FIS Kembangkan Kerjasama Perkuat Pembangunan Daerah

RANTAUPRAPAT, suarapembaharuan.com - Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumatera Utara melakukan pengembangan kerjasama ke Pemkab Labuhan Batu dan Pemkab Labuhanbatu Selatan pada 29 September 2022 - 30 September 2022. 


Dekan FIS UINSU Prof Abdurrahman, M.Pd (dua dari kanan) bersama tim berfoto bersama usai diterima Bupati Labuhan Batu dr Erik Adtrada Ritonga, MKM (tiga dari kanan) di rumah dinasnya. Ist

Kolaborasi dengan pemda ini diharapkan memperkuat Tri Dharma perguruan tinggi FIS UINSU dan pembangunan di daerah.


Dekan FIS UINSU Prof. Dr. Abdurrahman, M.Pd, mengatakan pihaknya akan mengimplementasikan MoU yang sudah dibuat UINSU dengan pemda dalam bentuk kolaborasi yang aplikatif. 


"Ini jadi bagian Tri Dharma perguruan tinggi yang mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Prof. Dr. Abdurrahman, Senin (3/10/2022).


Saat bertemu dengan Bupati Labuhan Batu, dr Erik Adtrada Ritonga, MKM, di rumah dinas bupati, Jumat lalu, Dekan FIS mengundang Bupati Erik untuk hadir ke UINSU. 


Dekan yang didampingi Ketua UPM FIS Muhammad Jailani, MA, Sekretaris UPM FIS Dr. Indira Fatra Deni, P, MA dan Sekretaris Prodi Sosiologi Agama, Dr. Faisal Riza, MA, menjelaskan, bahwa perguruan tinggi memerlukan kolaborasi dengan pemerintah daerah. Hal ini sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkesinambungan.


"Di UINSU juga cukup banyak potensi mahasiswa asal Labuhan Batu. Kami berharap dapat memberikan dukungan pada Pemkab Labuhan Batu, khususnya Pak Bupati dalam bentuk kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," ungkapnya.


Bupati Labuhan Batu, dr Erik Adtrada Ritonga, MKM, menyambut baik undangan Dekan FIS tersebut. "InsyaAllah, saya akan hadir ke FIS UINSU. Nanti akan kami sesuaikan jadwalnya ya," kata Erik.


Dia menambahkan, kaum muda khususnya mahasiswa harus terus didorong memiliki kemampuan yang beragam (multitasking). Menurutnya, mahasiswa tidak bisa hanya mengandalkan ilmu yang dipelajarinya di kampus. 


"Ke depan, mahasiswa atau anak-anak muda juga harus punya skill yang beragam untuk mendukung dalam memasuki dunia kerja dan masyarakat," pungkasnya.


Kunjungan ke Labusel

Sebelumnya, Dekan FIS juga berkunjung ke Labuhanbatu Selatan. Mereka diterima Staf Ahli Bupati Labuhanbatu Selatan Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Dr. Sahrul Tanjung, M.Pd, di Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan.


"Tawaran kerjasama FIS UINSU ini cukup baik. Dalam waktu dekat, akan diturunkan dalam bentuk yang lebih konkret dan dapat dijalankan dengan baik. Kami yakin Bapak Bupati Labuhanbatu Selatan, akan mendukung kerjasama dengan perguruan tinggi ini," pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama