Ganjar Pantau Kasus Gagal Ginjal Akut di Jawa Tengah

SEMARANG, suarapembaharuan.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau perkembangan kasus Gagal Ginjal Akut (GGA) yang menyerang anak-anak. 


Ilustrasi

Saat ini, Ganjar meminta agar seluruh rumah sakit dan pelayanan kesehatan (yankes) mencatat data dengan baik.


Hal itu disampaikan Ganjar, usai menghadiri kegiatan dari Bangda Kemendagri di Gets Hotel, Selasa (25/10). Ganjar membenarkan sudah tercatat lima anak Jawa Tengah terkena GGA.


“Sekarang kita pantau terus menerus, alhamdulillah kemarin di Jawa Tengah indikasi-indikasi yang muncul, dan beberapa di antaranya orang Jawa Tengah tapi dirawat di (RSUP Dr) Sardjito,” katanya.


Mantan anggota DPR RI itu juga meminta Dinas Kesehatan untuk meminta seluruh data pasien. Khususnya dari rumah sakit dan yankes di Jawa Tengah.


“Semuanya. Sehingga kita bisa tahu yang mereka terindikasi GGA itu, agar cepat direspon dan diperhatikan langsung ke lab, sehingga treatment kita tidak keliru,” tegasnya.


Ganjar tak mengurai detail lima anak yang terindikasi GGA berasal dari kabupaten kota mana saja. Hanya, salah satunya saat ini menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.


“Maka saya minta untuk itu direkam semuanya. Dari catatan yang kurang lebih lima inilah, kemudian saya minta untuk seluruh yankes yang ada mencatat dengan baik agar kita mengerti,” ujarnya.


Di sisi lain, Gubernur Jateng dua periode itu juga terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat. Khususnya terkait obat-obatan yang diimbau pemerintah pusat untuk tak dikonsumsi.


“Disamping kan pemerintah sudah mengeluarkan imbauan untuk obat-obatan jenis tertentu itu tidak digunakan,” tandasnya.


Kategori : News

Editor     : ZHR


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama