Imigrasi Berikan Bebas Visa untuk Delegasi G-20 dan Jurnalis Asing

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana merilis kebijakan terbaru pemberian fasilitas bebas visa kunjungan bagi seluruh delegasi dan jurnalis asing yang akan melakukan tugas di event G-20. 


Foto : (paling depan) Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana bersama jajarannya. (Dok : Humas Ditjen Imigrasi). Ist

Widodo menyatakan kebijakan tersebut untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Presidensi G-20 yang akan berlangsung 15-16 November di Bali.


“Untuk delegasi dan jurnalis asing yang akan berpartisipasi di G-20 kami berikan bebas visa kunjungan untuk kelancaran tugas,” jelasnya di Jakarta pada Kamis (20/10/2022).


Widodo merinci bahwa dengan bebas visa kunjungan, orang asing bisa tinggal di Indonesia selama 30 hari dan tidak bisa diperpanjang. Untuk mendapatkan fasilitasi Bebas Visa Kunjungan, Orang Asing partisipan G20 wajib membawa berkas sebagai berikut:


1. Paspor Kebangsaan meliputi:

   - Paspor Diplomatik,

   - Paspor Dinas, atau

   - Paspor Biasa/Paspor Umum, yang sah dan masih berlaku paling singkat 6 (enam) bulan;


2. Tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain;


3. Bukti pendaftaran/registrasi atau invitation letter delegasi atau jurnalis asing Presidensi G-20 Indonesia


4. Tiba di wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta atau Ngurah Rai pada tanggal 1 - 18 November 2022


“Kebijakan ini merupakan bentuk dukungan nyata Ditjen Imigrasi dalam menyukseskan event Presidensi G-20, khususnya melalui kemudahan proses keimigrasian,” ujar Widodo. 


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama